Peluang Usaha Berbagai Macam Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan adalah sebuah keterampilan aplikatif yang dimiliki seseorang. Keterampilan ini jika diberdayakan, maka dapat menjadi sumber pendapatan yang sangat bagus bagi kita. Sudah saatnya kita mengefektifkan keterampilan ini sebab selama ini kerajinan tangan hanya dianggap sebagai pengisi waktu luang saja.

Macam macam kerajinan tangan dapat kita pelajari dan latih sehingga mampu menjadi brandingself diri kita.

Selama ini, macam macam kerajinan tangan hanya diberikan di sektor pendidikan sebagai muatan lokal, yaitu materi pelajaran yang diarahkan sebagai bentuk pembedaan sekolah satu dengan sekolah lainnya.

Sebagai muatan lokal, maka kerajinan tangan hanya sekilasan saja diberikan dan tidak semaksimal pelajaran lainnya, misalnya matematika. Maka tidak heran jika mata pelajaran ini jatah jamnya sedikit.

Tetapi, dalam pendidikan nonformal, pendidikan, pembelajaran, dan pelatihan kerajinan tangan dijadikan sebagai unggulan sebab dalam model pendidikan ini yang terutama dipikirkan adalah bagaimana peserta dapat segera menerapkan hasil belajarnya untuk kehidupan.

Dan, macam macam kerajinan tangan diberikan kepada peserta dan tidak hanya teori melainkan langsung mempraktikan cara membuat kerajinan tangan yang dimaksud.

Kesadaran atas Peluang Usaha Kerajinan Tangan

Ya. Kita memang harus mampu membangkitkan kesadaran semua pihak bahwa kerajinan tangan adalah peluang usaha yang sangat bagus untuk masa depan. Hal ini karena masih sangat banyak jenis kerajinan di negeri ini yang belum diangkat sebagai sumber pendapatan resmi.

Kalaupun ada yang menekuni kegiatan membuat macam macam kerajinan tangan, maka hal tersebut belum dibisniskan secara professional.

Barang kerajinan tangan yang dihasilkan oleh beberapa orang pada kenyataannya hanyalah dijadikan sebagai cindera mata saja. Hasil kerajinan tangan tersebut seringkali hanya dijadikan sebagai simbol daerah saja.

Belum ada penanganan secara bisnis pada kegiatan kerajinan tangan di masyarakat. Kebanyakan orang mengerjakan apa yang sudah digarap orang lain, yang menurut mereka berhasil. Sementara peluang usaha yang prospektif mereka abaikan begitu saja.

Dan, upaya penyadaran atas kesempatan atau peluang usaha yang ada di balik kegiatan kerajinan tangan ini seharusnya dilakukan, bahkan diprogramkan sebagai kegiatan nyata untuk mengangkat tingkat perekonomian para pegiat kerajinan tangan ini.

Jika kesadaran mereka atas nilai ekonomi yang ada di balik kegiatan kerajinan tangan tersebut sudah bangkit, maka mereka tentunya dapat meningkat perekonomian keluarganya.

Beberapa Kerajinan Tangan Yang Potensial Dikembangkan

Negeri ini terkenal karena banyaknya barang kerajinan yang dapat dihasilkan oleh warganya. Banyak orang yang mempunyai kepiawaian dalam mengerjakan barang-barang secara manual.

Ini merupakan warisan leluhur yang tidak dapat diabaikan begitu saja. Oleh karena itu semua pihak seharusnya turun tangan untuk mengelola secara baik.

Jika kita menjelajahi seluruh pelosok negeri ini, maka ada banyak potensi kerajinan tangan yang jika digarap secara professional dapat memberikan pendapatan yang sangat bagus, misalnya:

Kerajinan Berbahan Dasar Bambu

Kerajinan ini menggunakan bahan dasar bambu yang tumbuh subur hampir di seluruh bagian negeri ini. Di setiap daerah di negeri ini selalu ada rumpun bambu.

Jika bambu ini kita kelola dengan sebaik-baiknya, maka hasilnya sangat memuaskan. Ada banyak hasil kerajinan tangan yang menggunakan bahan ini.

Jenis barang yang dapat dihasilkan dari bahan dasar bambu adalah replika kapal, hiasan lampu dinding atau lampu gantung, lampu meja, asbak, dan masih banyak yang lainnya.

Kerajinan Berbahan Dasar Kayu

Kerajinan berbahan dasar kayu sangat banyak kita jumpai dalam kehidupan kita sehari hari. Ini merupakan pekerjaan kriya, yaitu pekerjaan yang menggunakan kayu sebagai bahan dasarnya.

Untuk membuat barang barang yang menggunakan bahan dasar kayu tidaklah sulit, sebab di negeri ini bahan kayu masih sangat berlimpah.

Cukup banyak barang barang kerajinan tangan yang memakai bahan dasar kayu. Dalam kehidupan kita dapat menjumpainya, misalnya asbak, teko kayu, mobil-mobilan, atau replika kendaraan kecil lainnya, misal sepeda motor.

Kerajinan tangan memang salah satu kegiatan produktif yang sangat prospektif untuk meningkatkan kualitas kehidupan ekonomi kita. Tentunya jika kita mengelolanya secara professional, maka kegiatan ini dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan yang paling bagus.

Oleh karena itulah, maka bekali diri kita dengan keterampilan kerajinan tangan. Kapan lagi kita dapat menjadi juragan untuk diri kita? Inilah saat yang paling tepat untuk pengkondisian tersebut.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibu Guru Pasti Meleleh, Ini Puisi Hari Guru Nasional Berbagai Macam Peralatan Kantor Serta Fungsinya