Peluang Usaha Lapangan Futsal Yang Menjanjikan

Anda sedang mencari peluang usaha yang cukup menjanjikan? Kenapa tidak mencoba peluang usaha lapangan futsal saja? Bisnis ini kini mulai banyak dilirik para pebisnis. Semakin menjamurnya olahraga futsal di kalangan masyarakat membuat bisnis ini menjadi salah satu bisnis baru yang cukup menjanjikan.

Namun, sama halnya dengan bisnis yang lain, bisnis penyewaan lapangan futsal ini juga memerlukan perencanaan yang matang serta berbagai persiapan sebelum memulainya. Dalam artikel ini, penulis akan berbagi informasi tentang peluang usaha lapangan futsal mulai dari perencanaan hingga tips sukses bisnis ini. Mari simak informasinya berikut.

Persiapan Usaha Lapangan Futsal

peluang bisnis lapangan futsal

Pesiapan ini dilakukan untuk mengetahui apa-apa saja yang diperlukan untuk memulai bisnis ini. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai bisnis ini, antara lain:

Lokasi

Penentuan lokasi dan tempat akan sangat menentukan prospek bisnis ini. Pilihlah lokasi yang dekat dengan pemukiman warga, perkantoran, atau sekolahan. Ini akan menjadi memberikan nilai tambah. Pemilihan lokasi juga harus memperhatikan kenyamanan serta keamanan baik itu para penyewa maupun masyarakat yang ada di sekitarnya.

Sarana dan Prasarana

Selain memperhatikan lokasi, sarana dan prasarana juga harus diperhatikan. Sediakan berbagai peralatan dan perlengkapan yang memadai dan berkualitas. Usahakan gedung lapangan ini memiliki sirkulasi udara yang baik agar para penyewa bisa bermain dengan nyaman. Sediakan juga ruang tunggu dengan beberapa tempat duduk serta majalah-majalah atau televisi.

Untuk pembuatan lapangannya sendiri, Anda bisa menggunakan jasa vendor sehingga Anda tidak akan dipusingkan lagi dengan pembuatan lapangan yang sesuai dengan standar.. Kini, banyak vendor lapangan futsal dengan kualitas yang sangat baik. Untuk nformasi vendor ini, Anda bisa mencari informasi yang lebih lengkap di internet.

Promosi dan Pelayanan

Promosi rasanya mutlak diperlukan dalam bisnis. Untuk bisnis yangs atu ini, Anda bisa melakukan acara pembukaan dengan pemberian diskon agar tempat penyewaan lapangan futsal ini dilirik dan dikenal masyarakat. Promosi juga bisa dilakukan dengan pemasangan billboard atau spanduk serta brosur. Selain promosi, pelayanan juga perlu diperhatikan. Berikan pelayanan yang memuaskan untuk semua penyewa lapangan sehingga mereka bisa puas dan nyaman berada di lapangan ini.

Alasan Memilih Usaha Lapangan Futsal

Peluang Usaha Lapangan Futsal -4

Mengapa harus memilih bisnis ini? Apakah bisnis ini memang cukup menjanjikan? Ada beberapa alasan mengapa harus memilih bisnis ini. Pertama, masyarakat mulai banyak yang berpindah ke olahraga futsal. Di mana-mana rasanya banyak orang yang menggandrungi olahraga yang satu ini. Mereka yang ingin futsal tentu mau tidak mau harus menyewa lapangan futsal karena futsal ini tidak seperti lapangan bola yang bisa dilakukan di mana saja. Selain itu, di penyewaan lapangan futsal ini pemilik bisa juga membuka kantin atau kafetaria sebagai tempat untuk makan, minum atau istirahat sambil berkumpul setelah bermain futsal.

Alasan kedua memilih bisnis ini yaitu modal yang dikeluarkan hanya satu kali yaitu modal awal saja. Mengapa demikian? Hal ini karena modalnya hanya saat pembuatan gedung lapangannya saja. Sedangkan untuk selanjutnya hanya biaya operasional saja seperti biaya listrik, telepon, dan sebagainya.

Dalam usaha ini juga diperlukan modal yang cukup besar untuk pembuatan gedungnya. Oleh karena itu, perencanaan desain an konstruksi bangunan harus dilakukan sematang mungkin. Namun, modal yang besar ini bisa kembali dengan waktu yang tidak terlalu lama. Jika biaya sewa Rp. 50.000 dan rata-rata sehari disewa sekitar 4 jam, pendapatan perhari bis amencapai Rp. 200.000.

Berarti dalam sebulan bisa mencapai  Rp. 6.000.000.  Ini jika Anda memiliki satu lapangan saja. Coba bayangkan jika Anda memiliki dua hingga tiga lapangan. Ini menjadi alasan ketiga mengapa harus memilih bisnis ini dibanding memilih bisnis yang lain. Bisnis penyewaan lapangan futsal ini jelas bisa mengembalikan modal dengan waktu yang tidak terllau lama.

Tips Bisnis Lapangan Futsal

Peluang Usaha Lapangan Futsal -3

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar sukses berbisnis penyewaan lapangan futsal.

  • Pilihlah lokasi yang strategis seperti dekat kampus, sekolah, kantor, atau pemukiman warga. Usahakan lokasinya berada di pinggir jalan raya dengan akses yang mudah. Dengan begitu, masyarakat akan lebih mudah menemukan lokasinya.
  • Pilih luas lokasi yang memungkinkan untuk pembuatan 2 lapangan dengan ukuran standar lengkap dengan  berbagai fasilitas seperti toilet atau kamar mandi, mushola, ruang tunggu, tempat parkir, kantin, dan sebagainya.
  • Sediakan fasilitas yang cukup lengkap seperti kantin, kamar mandi yang bersih, ruang tunggu yang lengkap dengan TV dan majalah, tempat parkir, mushola, dan sebagainya. Semakin lengkap fasilitas yang diberikan, akan semakin nyaman juga para pelanggan yang datang.
  • Berlakukan sisem membership atau keanggotaan dengan berbagai insentif seperti diskon tariff penyewaan untuk anggota yang aktif. Dengan adanya sistem seperti ini, pelanggan akan lebih memiih penyewaan lapangan milik kita yang jelas-jelas akan memberikan diskon harga dengan menggunakan kartu member.
  • Penyewaan perlengkapan olahraga yang lain seperti kaos tim, sepatu bola, dan sebagainya.
  • Anda juga bisa mengadakan pertandingan futsal untuk menarik pelanggan. Dengan diadakannya pertandingan futsal, akan semakin banyak orang yang mengunjungi lapangan yang kita sewakan. Cara seperti ini juga efektif untuk memperluas jangkauan pasar sehingga akan lebih banyak konsumen yang mengetahuinya. Apalagi jika fasilitas dan pelayanan yang diberikan memusakan, tentu konsumen tidak akan ragu untuk kembali datang ke penyewaan lapangan futsal ini.
  • Lakukan kerja sama dengan pihak lain, misalnya dengan memasang iklan produk di depan gedung atau di dalam ruangan. Kerja sama seperti ini juga bisa memberikan pendapatan sampingan bagi Anda.
  • Membuka kantin atau kafetaria yang menjual berbagai produk makanan dan minuman. Bisa juga dijual berbagai produk perlengkapan futsal misalnya kaos kaki atau kaos bola. Untuk menjual makanan dan minuman, umumnya harga yang ditawarkan lebih mahal dibanding harga di luar. Tapi, sebaiknya harga yang dijual di kantin futsal ini sama dengan harga di luar sehingga pembeli tidak merasa kemahalan. Perbanyaklah menjual makanan ringan dan minuman. Tapi ingat, sebaiknya hanya menjual minuman yang memang terjamin keamanannya atau bermerek.
  • Lakukan promosi dengan berbagai cara misalnya dengan menyebarkan brosur ke rumah-rumah atau ke sekolah-sekolah, pemasangan spanduk di tempat yang strategis, pemberian diskon selama masa promosi, dan sebagainya. Promosi bisa juga dilakukan melalui internet seperti di media social atau blog. Cara yangs atu ini terbukti efektif dan jauh labih murah. Dengan kegiatan promosi, konsumen akan mengetahui keberadaan tempat penyewaan lapangan ini.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan dalam artikel yang sudah Anda baca tentang peluang usaha lapangan futsal yang cukup menjanjikan. Semoga informasi yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat bagi Anda yang berminat untuk membuka penyewaan lapangan futsal. Selamat mencoba bisnis baru Anda, semoga sukses bisnisnya dan jangan lupa untuk pantang menyerang dalam bisnis Anda.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.