Pentingkah Makna Nama Anak Anda?

Pentingkah makna nama anak anda? “Apalah arti sebuah nama” adalah ungkapan yang masih sangat sering kita jumpai dalam perbincangan di masyarakat. Mungkin, ada yang membenarkan. Namun, kita juga tidak boleh lupa bahwa sebagian orang menganggap nama tentu saja memiliki arti. Makna nama pada seorang anak merupakan doa. Harapan.

Ada juga yang memaknainya sebagai bentuk kemuliaan bagi anaknya kelak. Tak ketinggalan, sebagian orang memberikan nama kepada anaknya sebagai monumen hidup yang bisa dikenang. Sebut saja, nama Ayu Wisudanti. Barangkali, ibunya melahirkannya tepat pada saat hari wisuda sarjananya.

Bukan Sekadar Nama – Makna Nama Anak

Sebenarnya, pemberian nama yang unik, antik, atau tidak biasa, tidak memiliki hubungan dengan keberhasilan seorang anak kelak. Namun, berdasar pada banyak penelitian, makna nama anak memiliki pengaruh hingga dia dewasa.

Pemberian nama yang tidak biasa kepada seorang anak akan menyebabkan dia mengalami kesulitan yang lebih banyak dibandingkan dengan anak yang memiliki nama biasa saja.

Template Blogger Terbaik Rekomendasi

Seorang anak Jawa tulen yang diberi nama Robert Hanseldoff misalnya, akan lebih mengalami kesulitan yang lebih dalam pergaulannya dengan anak-anak Jawa tulen yang biasa menggunakan nama Thole, Bima, Wicaksono, dan sebagainya. Demikian nama seorang anak laki-laki yang biasanya digunakan sebagai nama anak perempuan dan sebaliknya.

Dengan mengacu penjelasan di atas, secara psikologis, makna nama memiliki peranan yang penting dalam menumbuhkan karakter dan kepercayaan dirinya. Hendaknya, memberi nama seorang anak harus menjauhi hal-hal yang bisa memicu konflik batin anak itu sendiri. Pemberian nama yang baik akan membuat anak memiliki kekuatan yang positif yang bisa menjadikannya lebih percaya diri dalam pergaulan.

Tips Memilih Nama Anak

Berikut beberapa tips ketika memilih nama anak:

  1. Catatlah semua ide tentang nama anak, baik dari pikiran kita sendiri atau masukan dari orang-orang yang kita anggap baik. Buatlah daftar agar kita bisa jelas mengukur kelebihan dan kekurangan nama-nama usulan itu.
  2. Pilihlah nama yang indah dan serasi pengucapannya dari untaian kata yang ada. Terlebih, jika Anda ingin mengikutkan nama keluarga besar dalam nama anak.
  3. Nama yang unik memang menjadi idaman namun unik tidak berarti nama yang aneh atau tidak lazim.
  4. Carilah nama yang bermakna positif karena hal itu bisa menjadi sebuah doa dan harapan. Bahkan, sugesti positif pada jiwa anak Anda kelak.
  5. Hindarilah pemilihan nama yang tidak sesuai dengan jenis kelamin anak karena akan rentan dengan konflik batin ketika banyak orang mempertanyakannya.
  6. Janganlah memberi nama pada anak Anda berdasarkan mood Anda saat itu karena anak tentu akan tumbuh dan berkembang sesuai zamannya. Ketika Anda sedang menyukai film Upin dan Ipin saat anak Anda lahir, misalnya, Anda tak perlu memberi nama anak Anda “Upin Sang Idola”.
  7. Anda boleh memertimbangkan agama, lingkungan, dan kebiasaan dalam memberikan nama pada anak Anda. Biasanya, masing-masing agama atau budaya memiliki kekhasan nama yang umumnya menjadi pilihan. Agama Islam, misalnya, lebih menyukai nama-nama yang menisbatkan diri pada Asmaul Husna.
  8. Buatlah nama panggilan yang mudah diucapkan untuk keperluan sehari-hari.
  9. Anda bisa membayar seorang jasa konsultan untuk memesan sebuah nama yang bagus, indah, dan bermakna positif.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibu Guru Pasti Meleleh, Ini Puisi Hari Guru Nasional Berbagai Macam Peralatan Kantor Serta Fungsinya