Pentingnya Olahraga Kegel, Dimana Saja Dan Kapan Saja

Olahraga kegel cukup dikenal dikalangan wanita. Mereka melakukan olahraga kegel untuk menguatkan otot pinggul. Otot yang berada dekat dengan organ kewanitaan ini memang harus dirawat agar tetap bisa berfungsi dengan baik. Bila tidak, bukan saja mungkin akan kesulitan dalam menahan air kemih, tapi juga akan merasakan sedikit kurang nyaman ketika sedang berhubungan suami istri. Tidak heran kalau semakin banyak orang yang ingin mengerti dan berusaha terus melakukannya.

Mudahnya Melakukan Olahraga Kegel

Melakukan senam yang diciptakan oleh Arnold Kegel ini tidak sulit. Kapan pun dan di mana pun bisa dilakukan. Caranya dengan memusatkan pikiran ke otot vagina. Lakukan teknik seolah menahan air kencing selama kira-kira 10 detik. Setelah itu, lepaskan. Ulangi gerakan seperti itu selama beberapa kali. Apabila akan buang air kecil, jangan langsung dikeluarkan. Keluarkan secara perlahan. Sedikit demi sedikit. Gerakan ini akan membuat otot di sekitar vagina tetap bisa berfungsi dengan baik.

Untuk gerakan yang lebih rumit, tentu saja ada. Banyak video yang menanyangkan gerakan yang mampu menguatkan otot panggul. Untuk wanita yang telah berumur, terkadang mereka tidak bisa menahan air seni sehingga harus mengenakan pembalut khusus untuk orang-orang lansia. Agar terhindar dari masalah seperti ini, sebaiknya telah mempraktikan senam kegel sejak muda.

Ketika sedang menonton televisi atau sedang santai dan sedang ingat untuk melakukan senam kegel, lakukanlah. Tahan, lepaskan, tahan, lepaskan, tahan lepaskan. Ingat saja kedua kata ajaib tersebut. Setelah beberapa saat melakukan senam Kegel secara teratur, maka akan terasa manfaatnya. Cengkraman otot vagina yang kuat mampu membuat wanita menahan air seni sehingga tidak harus ke kamar mandi terlalu sering dalam waktu yang singkat.

Untuk laki-laki, senam Kegel ini juga besar manfaatnya. Caranya pun sama. Dengan sering berlatih senam ini, laki-laki pun bisa melakukan tugasnya sebagai suami dengan baik. Tidak hanya bagian organ vital yang dilatih, bagian belakang atau dubur pun bisa mendapatkan latihan yang sama. Caranya sama, tahan, lepas, tahan, lepas, tahan, lepas.

Dengan latihan tersebut, bagian belakang tubuh ini pun akan semakin kuat dan wasir pun bisa dielakan dengan mudah. Makanan yang kurang sehat dan efek samping dari makanan, minuman, dan gaya hidup yang tidak sehat, wasir pun sering kali menimpah orang muda. Agar tetap sehat, olahraga apapun bentuknya memang harus dipaksakan dilakukan. Pemaksaan terhadap tubuh ini akan berujung pada meningkatnya kemampuan tubuh beradaptasi dengan kesibukan dan tekanan dalam hidup.

Tingkat Latihan Yang Lebih

Olahraga Kegel ini bisa digabungkan dengan egrakan yoga. Bagaimanapun kalau melakukan gerakan olahraga yang sama, terkadang rasa bosan pun menerpa. Agar tetap semangat melakukan olahraga termasuk gerakan Kegel, gabungkan dengan berbagai macam gerakan olahraga. Bahkan senam Zumba yang kini sedang digemari bisa digabungkan dengan Kegel.

Penggunaan beberapa alat untuk membuat gerakan makin sempurna bisa dipakai. Gerakan yang berfokus pada bagian bawah tubuh ini akan terasa ringan dan lebih menyenangkan ketika diiringi musik. Bila melakukannya bersama-sama, malah akan semakin menambah semangat. Tempat melakukannya bisa di kamar tidur dengan ukuran 3×4 meter. Bahkan kalau hanya menggunakan matras Yoga, Kegel masih bisa dilakukan dengan baik.

Inilah yang membuat Kegel menjadi cepat populer. Apalagi manfaatnya cukup banyak. Bayangkan kalau ternyata Kegel bisa membuat laki-laki yang dinyatakan sudah impoten, bisa merasakan bahwa adanya fungsi seksual yang kembali secara perlahan. Siapa yang tidak senang dengan keadaan ini. Fungsi seksual yang perlahan berkurang akan menjadikan laki-laki merasa tidak berguna. Bahkan mereka merasa bahwa dunia seolah runtuh.

Kalau istrinya tidak bisa menerima keadaan itu, pasti akan semakin merasa tertekan. Segala macam upaya pasti akan dilakukan demi mengembalikan kemampuan laki-lakinya. Tidak ada salahnya melakukan senam yang cukup mudah ini. Senam yang cukup besar manfaatnya ini juga akan dirasakan kegunaannya ketika telah berusia senja. Tidak jarang banyak manula yang mengompol atau malah buang air besar tak tertahankan.

Manfaat Kegel

Kegel pun bermanfaat mengeluarkan hormon endorfin yang membuat perasaan senang. Ketika sedang merasa emosi atau marah yang membabi buta, lakukan olahraga ringan seperti Kegel. Berbaringlah, angkat kaki dan tahan. Lalu silangkan kaki ke depan. Lakukan dengan kedua kaki. Ketika sedang menonton televisi, angkat kedua kaki ke depan dan mengangkanglah selebar mungkin. Gerakan untuk kaki ini akan membuat otot panggul menjadi kuat.

Sambil berdiri juga bisa dilakukan. Rendahkan kaki sehingga tumpuan terjadi pada paha. Ulangi gerakan ini secara berkala. Otot perut pun akan tertahan sehingga gerakan ini pun akan membantu ketahanan stamina saat berhubungan badan dengan pasangan yang sah.

Untuk ibu hamil dan ibu yang sudah melahirkan, latihan Kegel ini akan mengembalikan rasa percaya diri. Biasanya wanita muda yang baru melahirkan akan merasa rendah diri dan tidak mempunyai gairah untuk melayani suaminya. Padahal sang suami telah berpuasa cukup lama. Untuk itulah ketika masa nifas telah berakhir, sebaiknya mulai latihan Kegel. Mulai dari yang sangat sederhana seperti yang telah diterangkan sebelumnya.

Selanjutnya, paksalah diri untuk berolahraga. Gunakan bayi dalam latihan mengangkat beban terutama agar payudara tidak mengalami pengenduran terlalu ke bawah. Bayi dengan berat badan sekira 3-5 kg tersebut cukup lumayan sebagai pengganti barbel. Gerakan sambil telentang dengan mengendurkan otot pada paha dan kaki, akan membuat gerakan yang dibutuhkan saat bersenggama itu akan lebih mudah dilakukan.

Jangan sungkan untuk menambah gerakan. Video yang ada di internet ataupun buku tentang senam Kegel inii telah banyak sekali beredar. Bila perlu, ikutilah kelas senam Kegel khusus untuk ibu yang baru melahirkan. Air susu akan semakin sehat ketika pikiran dan tubuh ibu sehat. Bayi pun akan senang ketika ibunya bahagia. Hanya orang yang berbahagia yang tahu bagaimana membesarkan anak dengan rasa bahagia.

Keringat yang keluar setelah olahraga itu cukup baik bagi mendapatkan perasaan senang. Pasti ada rasa yang berbeda setelah berolahraga. Asupan makanan dijaga agar tidak bertambah dengan cepat. Makanan sehat seperti daun singkong, umbi singkong, dan lalapan lainnya perlu juga dikonsumsi. Badan yang sehat ini akan membuat gerakan Kegel lebih mudah dilakukan. Rasa sakit ketika mengangkat kaki tentu bukan sesuatu yang menyenangkan.

Kalau ingin menggunakan bola khusus juga tidak menjadi masalah. Kegel ini cukup fleksibel. Bila perlu berolahragalah bersama dengan pasangan. Tubuh pasangan bisa dijadikan sarana untuk melakukan gerakan yang membutuhkan pemberat. Misalnya, melakukan gerakan setengah sit-up. Dengan gerakan ini, artinya perut terasa tertahan.

Jika otot perut kuat, pinggang kuat, dan tulang belakang pun kuat. Bila semuanya kuat maka melakukaan apapun akan lebih mudah. Kesimpulannya adalah bahwa latihan olahraga kegel ini bisa membuat tubuh lebih seimbang terutama untuk bagian bawah.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.