Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Perbedaan Antara Barang Dan Jasa Dalam Dunia Usaha

Perbedaan Antara Barang Dan Jasa Dalam Dunia Usaha

Perbedaan Antara Barang Dan Jasa – Sebuah usaha pada dasarnya terdiri atas dua jalur, yaitu usaha yang bergerak di bidang barang dan usaha yang bergerak dibidang jasa. Lalu apakah perbedaan antara barang dengan jasa? Berikut kami uraikan untuk Anda.

Seputar Dunia Usaha Indonesia dan Perbedaan Antara Barang dengan Jasa

Seputar Dunia Usaha Indonesia dan Perbedaan Antara Barang dengan Jasa

Dunia usaha di Indonesia sedang mengalami perkembangan seiring mulai digulirkannya wacana pasar bebas. Di kota-kota besar banyak berdiri outlet-outlet baru yang menawarkan berbagai produk baik yang berbentuk barang maupun jasa.

Setiap usaha bersaing untuk mendapatkan konsumen yang setia terhadap produk yang ditawarkan. Berikut ini beberapa tempat usaha di bidang barang dan jasa yang terkenal di Indonesia.

Barang

Berikut ini tempat usaha yang menjual barang.

1. Pasar Tanah Abang

Pasar tanah abang merupakan pasar pusat grosir yang menawarkan berbagai jenis produk barang yang sangat diminati masyarakat. Banyak orang yang berasal dari luar Jakarta yang berbelanja di sana.

Para pedagang menawarkan barang berupa baju, sepatu, tas, kain, dan berbagai barang keperluan lainnya dengan harga yang bersaing dan dapat dibeli dalam jumlah banyak. Takheran banyak orang yang berbelanja di sana dengan tujuan untuk dijual kembali di tempat masing-masing. Para penjual online pun banyak yang berasal dari tanah abang, kebanyakan menjual dalam bentuk baju untuk dijual secara ecer oleh para reseller yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

2. Pasar Baru Bandung

Pasar Baru merupakan pusat grosir barang terlengkap yang ada di daerah Jawa Barat, banyak orang yang datang ke sana untuk mendapatkan berbagai barang keperluan baik secara ecer maupun grosir. Selain menjual pakaian, sepatu, dan kain. Di daerah Pasar Baru juga terdapat toko-toko yang menjual beraneka ragam kue kering dan camilan baik ecer maupun grosir. Jadi bagi Anda yang ingin berbelanja dengan lengkap hanya di satu tempat, Pasar Baru Bandung adalah pilihannya.

3. Butik

Butik termasuk salah satu tempat yang menjual beragam jenis barang namun memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan tempat lainnya. Hal ini berhubungan dengan ekslusivitas yang ditawarkan oleh butik.

Butik hanya memproduksi barang dalam jumlah sedikit sehingga Anda akan jarang sekali menemukan orang yang mengenakan baju yang sama dengan milik Anda. Terkecuali orang tersebut membeli di butik yang sama dengan warna yang berbeda.

4. Restoran

Restoran merupakan tempat usaha yang menawarkan produk berupa makanan. Usaha ini banyak berkembang pesat di kalangan masyarakat. Ada restoran tradisional hingga mancanegara yang siap memanjakan lidah Anda.

5. Supermarket

Supermarket termasuk salah satu usaha yang menawarkan produk berupa makanan kemasan dan sembako. Dalam versi yang lebih kecil ada mini market atau toko kelontong yang berjualan barang yang sama dalam jumlah yang lebih sedikit.

Jasa

Berikut ini tempat usaha yang menjual jasa.

1. Salon

Salon erat kaitannya dengan kaum hawa. Banyak sekali orang yang rela menghabiskan waktu dan uangnya di salon. Tentu tujuannya adalah membuat penampilan terlihat lebih menarik.

Salon sebagai contoh jasa

Salon menawarkan produk jasa dalam bidang kecantikan. Capster yang bekerja di salon akan memberikan jasa mencuci, creambath, blow, dan memotong rambut Anda, dengan begitu Anda akan memiliki kepuasan yang lebih terhadap penampilan setelah selesai melakukan treathment di salon.

2. Spa

Sama halnya seperti salon yang menawarkan jasa di bidang kecantikan, spa menawarkan solusi kecantikan yang mengacu pada arah relaksasi tubuh. Di spa Anda akan ditangani oleh para terapis yang memberikan treathment berupa lulur dan pijat badan, berendam di bak mandi yang telah diberi bunga, dan lain sebagainya.

3. Bimbingan Belajar

Bimbingan belajar termasuk salah satu usaha di bidang pendidikan yang menawarkan jasa transfer ilmu dan kiat-kiat untuk sukses dalam ujian. Dalam bimbingan belajar, para siswa akan diajari berbagai trik belajar cepat yang tidak diajarkan di sekolah formal. Dengan begitu siswa akan cepat menguasai pelajaran dan mendapat prestasi di bidang akademik.

4. Tour dan Travel

Jasa tour dan travel merupakan salah satu usaha yang memberikan kita kemudahan saat akan mengunjungi suatu daerah wisata. Anda hanya perlu membayar sejumlah uang yang telah ditetapkan kemudian mereka akan mengatur segala hal yang berhubungan dengan wisata Anda, mulai dari mobil, penginapan, hingga berbagai tempat yang dikunjungi selama wisata. Jasa ini pun ada yang bergerak di bidang pemberangkatan haji dan umrah.

5. Event Organizer

Event organizer atau EO merupakan sebuah lembaga yang mengatur berbagai acara yang diselenggarakan klien. Dengan begitu klien hanya tinggal datang seperti layaknya tamu dan menyaksikan acaranya berjalan dengan baik. EO yang khusus diperuntukan untuk pengaturan acara pernikahan diberi nama wedding organizer.

6. Bengkel

Bengkel merupakan usaha yang bergerak di bidang jasa. Teknisi bengkel akan memberikan pelayanan untuk memperbaiki kendaraan Anda yang rusak hingga dapat kembali dipergunakan.

Perbedaan Antara Barang dan Jasa

Perbedaan Antara Barang dan Jasa

Dari berbagai contoh di atas, dapat terlihat jelas perbedaan antara barang dengan jasa. Barang adalah hasil output dari sumber daya manusia dalam bentuk nyata (dapat dipegang, diraba, dipindahkan, dan perlakuan fisik lainnya). Berbeda dengan jasa yang bersifat abstrak atau tidak nyata (bersifat kepuasan dan manfaat).

Perbedaan antara barang dengan jasa juga dapat dilihat dari jenis-jenisnya. Barang terdiri atas dua jenis, yaitu barang yang cepat habis dan barang tidak cepat habis. Barang cepat habis merupakan barang yang bisa habis setelah digunakan beberapa kali, misalnya sabun, makanan, alat tulis, bedak, dan lain sebagainya. Sedangkan barang yang tidak cepat habis atau tahan lama adalah tv, lemari, ponsel, kasur, kulkas, dan lain sebagainya.

Jasa memiliki 4 karakteristik utama sebagai bagian dari perbedaan antara barang dengan jasa. Seperti berikut:

  • Intangibility. Perbedaan antara barang dengan jasa akan terlihat dari sini, jika barang bisa dimiliki, jasa hanya dapat dinikmati dalam jangka waktu tertentu. Jasa yang memiliki sifat intangibility tidak berwujud, berbau, dan diraba. Misalnya jasa tour dan travel dan jasa komunikasi lewat ponsel.
  • Inseparavility. Perbedaan antara barang dengan jasa yang lain terdapat dalam sifat ini. Inseparavility membuat seorang konsumen harus membayar terlebih dahulu, baru dilakukan proses produksi dan konsumsi secara bersamaan. Misalnya jasa event organizer, klien harus membayar sejumlah uang yang telah disepakati kemudian pada hari H pelaksanaan acara maka klien barus dapat menikmati hasilnya.
  • Variability. Jasa jenis ini bersifat sangat variatif karena jasa yang dihasilkan bisa saja berbeda bergantung kepada siapa, di mana, dan kapan jasa itu dihasilkan. Misalnya jasa fotografi yang akan melakukan sesi foto selama berapa lama tergantung dari permintaan klien.
  • Perishability. Sifat jasa ini berkaitan dengan permintaan konsumen. Jasa bisa terus dihasilkan selama konsumen menginginkannya.

Demikian lah penjelasan mengenai perbedaan antara barang dengan jasa beserta contohnya. Semoga bermanfaat bagi Anda yang berniat membuka usaha di bidang jasa maupun barang.

Share:

Mangaip

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibu Guru Pasti Meleleh, Ini Puisi Hari Guru Nasional Berbagai Macam Peralatan Kantor Serta Fungsinya