Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Sejarah Perkembangan Bahasa Di Dunia

Sejarah Perkembangan Bahasa Di Dunia

Bagaimanakah sejarah perkembangan bahasa sekarang ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, bacalah artikel ini. Pada mulanya adalah bahasa, kemudian berkembang menjadi benda. Benda dideskripsikan oleh bahasa agar benda tersebut berbentuk. Bentuk akan disesuaikan setelah digambarkan melalui kata-kata. Bahasa kemudian menjadi bagian untuk mendeskripsikan segala jenis bentuk yang nyata ataupun yang tidak nyata.

Bahasa mampu membuat benda menjadi berada dan menghilang. Bergantung dari sisi mana kita bisa menggunakan deskripsinya. Semua juga berakhir di bahasa, baik atau buruknya sebuah benda ada dalam bahasa.

Bagaimana bahasa menggambarkannya, itulah yang akan muncul dalam benda. Demikian pentingnya bahasa tersebut sehingga ia terus mengalami perkembangan bahasa seiring perkembangan zaman.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita bisa memperhatikan berbagai macam ragam bahasa. Mulai dari bahasa daerah, bahasa nasional, dan bahasa internasional. Semuanya bermuara di sebuah kata yang bernama komunikasi. Adanya bahasa berarti adanya komunikasi.

Komunikasi berkembang tanpa kehilangan jati dirinya. Komunikasi di antara dua makhluk ada karena interaksi antara keduanya. Sekali pun tidak ada manusia di sampingnya, seseorang masih bisa berkomunikasi dengan alam sekitar yang juga sama-sama hidup. Inilah komunikasi dan perkembangan dari bahasa yang terus maju seiring kemajuan zaman dan peradaban.

Bahasa untuk komunikasi tidak terbatas hanya pada bahasa lisan, komunikasi bisa juga terjadi dalam bahasa tulisan. Lebih jauh lagi, bahasa komunikasi bisa terjadi melalui banyak hal, seperti gerak badan atau gesture, bahasa isyarat, dan lain-lain. Intinya adalah untuk berinteraksi satu sama lainnya.

Komunikasi dan Variasi Bahasa

Komunikasi dan Variasi Bahasa

Di masa lalu, komunikasi dan bahasa yang digunakan tentu saja berbeda dengan masa sekarang. Hal ini membuktikan sudah terjadi perkembangan bentuk bahasa dari masa ke masa di muka bumi ini. Manusia berkomunikasi dengan sesama manusia menggunakan bahasa manusia. Pun dengan binatang, mereka juga berkomunikasi dengan bahasa yang hanya dimengerti binatang itu sendiri.

Dalam perkembangannya, bahasa memiliki banyak variasi. Misalnya, dengan melakukan penyerapan dari bahasa latin, bahasa asing, bahasa daerah, dan lain-lain. Hal ini untuk memperkarya khazanah bahasa yang terus berkembang. Bahasa adalah hal yang penting dalam keseharian manusia.

Manusia menjadi saling berinteraksi satu sama lain karena bahasa. Dengan bahasa, manusia bisa mengungkapkan perasaannya, sikapnya, dan segala hal yang perlu diungkapkan. Bahasa membuat manusia mampu memberikan banyak kebaikan untuk alam.

Apa yang akan terjadi jika tidak ada bahasa di dunia ini? Semua manusia tidak bisa mengenal benda yang ada di sekitarnya. Bahasa menjadi alat untuk mengenal sebuah alat atau benda yang akan digunakan. Dengan mendeskripsikan sebuah benda, manusia akan bisa menebak arti atau alat yang dimaksud.

Misalnya, sebuah alat bernama sapu lidi. Dalam sebuah permainan bahasa, sapu lidi bisa digambarkan sebagai berikut: aku adalah sebuah alat, aku terbuat dari daun kelapa, aku sering digunakan untuk membersihkan halaman rumah, aku adalah sapu lidi.

Bahasa sebagai penentu akhir produk, bisa mengambil contoh sebagai berikut: saat developer berhasil membangun kawasan perumahan, maka dia akan berusaha memasarkan perumahannya dengan baik. Abaikan dulu masalah harga, ini tentang bahasa yang akan menjadi penentu sebuah produk.

Contoh sebuah iklan, seorang bagian marketing akan dengan mudah mengatakan bahwa harga rumah tersebut sangat murah, hanya dengan cicilan Rp100 juta perbulan, pembeli bisa mendapatkan paket ekslusif hunian di kawasan bebas banjir dan elit.

Perhatikan hanya dengan Rp100 juta per bulan. Membahasakan sebuah rumah yang mahal bisa menjadi terlihat sangat murah. Di sini marketing menggiring opini masyarakat untuk menyetujui argumentasi yang dia bawakan. Bahwa hanya dengan Rp100 juta per bulan itu adalah sesuatu yang sangat murah dibandingkan harga Rp500 juta per bulan.

Masalahnya adalah tidak semua warga negara sanggup membayar cicilan yang hanya Rp100 juta tersebut. Walaupun memang benar ada warga negara yang mampu membayar cicilan seharga yang ditawarkan.

Bahasa di sini berperan sangat besar untuk membawa siapa pun yang mendengar atau berbincang secara langsung dengan marketing untuk memasarkan sebuah benda dengan harga mahal agar tidak terlihat seperti mahal. Perkembangan dari bahasa berlaku untuk membangun kelincahan para marketing mengemas bahasa yang sedemikian rupa menjadi soal dekat dengan pendengar dan orang lain yang mendengarkan untuk terlibat di dalamnya.

Sejarah Perkembangan Bahasa Di Masyarakat

Sejarah Perkembangan Bahasa Di Masyarakat

Bahasa bukan saja terjadi untuk hal serius dalam lingkungan yang formal. Dalam lingkungan yang umum, seperti masyarakat, bahasa mengalami perkembangan melalui manusia-manusia yang menjalaninya. Untuk anak-anak remaja, berkembang di wilayahnya mereka sebagai bahasa gaul.

Bahasa gaul terbatas hanya untuk kalangan anak-anak remaja saja. Bahkan bukan untuk kalangan remaja secara umum, karena ada beberapa kalangan remaja yang menggunakan bahasa terbatas hanya untuk kelompoknya.

Ini hanya fenomena yang setiap tahun selalu berlangsung. Melalui zamannya, bahasa gaul terus tumbuh dengan perbedaan-perbedaan yang kecil dengan tujuan yang sama, yaitu bahasa gaul.

Sisi negatifnya setelah beredar bahasa gaul ini, banyak anak-anak remaja saat menginjak bangku kuliah kesulitan meramu bahasa yang baik dengan benar. Baik itu melalui lisan yang terlontar secara langsung atau melalui tulisan. Walaupun banyak yang mengambil jalan instan, yaitu melakukan copy paste pada karya yang sudah ada di internet.

Secara umum, bahasa yang digunakan dalam SMS atau short message system memberikan pengaruh yang bisa merusak bahasa yang baik dan benar. Misalnya, ketika sebuah sms yang sangat popular dengan cara menyingkat kata atau menghilangkan beberapa huruf vokal di dalamnya, kemudian terbawa terus pada saat membuat karya tulis.

Misalnya, saat penulisan ‘dan’ ditulis ‘dn’, lalu menulis ‘dengan’ ditulis ‘dgn’, dan masih banyak lagi perilaku-perilaku yang secara tidak sadar bisa merusak tatanan bahasa yang baik dengan sesuai Ejaan Yang Disempurnakan atau EYD.

Walaupun mengalami banyak rintangan dan halangan, seperti gempuran teks-teks pendek yang diserap tanpa memahami kata, tetapi perkembangan dalam bahasa masih bisa bernafas lega karena sekolah. Beberapa sekolah bahkan melarang anak-anaknya untuk menyingkat kata dalam sms agar tidak menjadi kebiasan saat menulis karya tulis.

Bahasa Terus Berkembang

Bahasa Terus Berkembang

Bahasa akan terus berkembang sesuai berkembangnya zaman. Bahasa hadir karena kebutuhan manusia, maka seharusnya kita tetap bisa menjaga bahasa yang baik dan benar. Teruntuk bahasa daerah yang perlahan sedikit demi sedikit punah karena kurangnya orang yang berbicara secara langsung, kita harus mampu menyegarkan kembali.

Dimulai dari forum-forum informal untuk selalu berbicara dalam bahasa daerah. Bahasa daerah adalah aset bangsa yang harus dijaga kelestariannya agar tetap bisa berkembang sesuai zamannya. Seperti halnya bahasa nasional, bahasa daerah juga tetap mempunyai kedudukan yang sama pentingnya terutama untuk masyarakat lokal.

Bahasa daerah yang terjaga terus memungkinkan semua masyarakat lokal untuk mengembangkan banyak kreativitasnya melalui kesenian, bahasa, dan ritual adat. Bayangkan jika pada saat ritual adat menggunakan bahasa nasional, rasanya akan hambar, seperti sayuran kurang garam. Untuk itu, agar bahasa bisa berkembang dengan baik, mari kita jaga perkembangan bahasa bersama-sama.

Share:

Mangaip

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibu Guru Pasti Meleleh, Ini Puisi Hari Guru Nasional Berbagai Macam Peralatan Kantor Serta Fungsinya