Tanaman Obat Penumbuh Rambut

Apakah Anda sedang mencari obat penumbuh rambut untuk mengatasi masalah kerontokan pada rambut Anda? Rambut bak mahkota bagi manusia, tidak hanya bagi wanita namun juga para pria. Orang dengan rambut yang bagus, tertata rapi pasti sering diperhatikan dibanding dengan orang yang acak-acakan, sering tak berdandan, banyak uban serta botak.

Seiring bertambahnya usia, tentu mahkota bagi manusia tersebut lama kelamaan akan mengalami kerontokan. Satu demi satu tanpa disadari kerontokan akan mengincar dan menjadikan penampilan tidak rapi lagi dan berusaha mencari obat penumbuh rambut agar rambut kembali mengembang seperti sedia kala.

Kerontokan adalah sebuah hal yang biasa, yang dapat terjadi pada setiap manusia tanpa adanya sebuah kekhususan. Kerontokan yang berlebih dapat menimbulkan kebotakan sehingga kulit kepala terlihat. Hal ini tentu akan mengurangi rasa percaya diri dari diri seseorang. Oleh karena itu, banyak usaha dilakukan untuk kembali menumbuhkan rambut dan menghentikan proses kerontokan.

Beberapa iklan sampo menjanjikan sebuah penawaran menggiurkan untuk mencegah kerontokan. Caranya dengan memberi nutrisi pada rambut sehingga rambut lebih kuat. Tentu saja tidak semuanya berjalan dengan baik karena kondisi kerontokan seseorang berbeda antara individu satu dengan yang lain. Maka tak jarang perawatan ke dokter yang menghabiskan biaya banyak pun tetap ditempuh untuk kembali tampil percaya diri.

Penyebab Kerontokan

obat penumbuh rambut alami

Kerontokan bukanlah sebuah penyakit yang membahayakan. Tetap ada obatnya, obat penumbuh rambut yang menjadikan kepala tak lagi gundul. Namun, sebelum membahas tentang obat penumbuh rambut herbal, ada baiknya kita ketahui sebab kerontokan yang menyebabkan kebotakan.

Ada banyak hal yang menyebabkan kerontokan pada rambut kepala. Mulai hal yang mudah dipahami hingga sulit dipahami dan disadari. Penyebabnya antara lain :

Usai Sembuh dari Sebuah Penyakit

Biasanya, penyakit-penyakit kronis menggunakan obat-obatan kimia yang kita tidak tahu efek sampingnya. Penggunaan obat kimia untuk menyembuhkan penyakit mungkin saja berdampak pada rontoknya rambut kepala.

Seusai Melahirkan

Kondisi seorang ibu yang mengandung, menjadikannya beban yang berat. Terkadang asupan makanan ke dalam tubuh sangat sedikit karena tidak nafsu makan selama proses mengandung. Asupan yang sedikit tentu saja berakibat pada metabolisme tubuh, termasuk pada pertumbuhan rambut.

Setelah melahirkan, biasanya sang ibu juga masih berkonsentrasi untuk menyusui sang bayi yang juga perlu perhatian khusus. Hal ini dapat sangat terjadi jika keadaan sang ibu cukup payah dalam mengandung dan menyusui.

Depresi

penyebab kerontokan pada rambut - depresi

Stres karena adanya permasalahan, atau karena pekerjaan yang membutuhkan pikiran yang berat membuat rambut seseorang mudah rontok. Rambut terletak di kepala, karena asupan sari pati makanan digunakan untuk pekerjaan otak, berimplikasi pula pada rambut. Terutama apabila seseorang depresi, stres berkepanjangan karena sebuah masalah yang menjadikan metabolisme tubuh tidak normal. Hal ini pasti akan membuat rambut mudah rontok.

Penggunaan Sampo yang Berganti-ganti dan Tidak Cocok

Penggunaan lebih dari satu sampo seringkali menimbulkan kerontokan, terutama apabila rambut kepala tidak cocok terdapat salah satu jenis sampo. Nutrisi yang diberikan ke kepala oleh sampo terkadang tidak cocok untuk rambut, yang mengakibatkan rambut malah mudah mengalami kerontokan

Penggunaan Obat Kimia yang Menyebabkan Kerontokan

Penggunaan obat kimia tidak saja saat sakit dan masa penyembuhan, namun dapat berupa suplemen yang dikonsumsi oleh seseorang. Suplemen yang tidak cocok dapat memberikan efek samping pada kerontokan.

Peredaran Darah di Kepala Kurang Lancar

Kurang tidur dan kurang olahraga menyebabkan peredaran darah tidak lancar, terkadang metabolisme tubuh terganggu. Hal ini tentu membuat kepala sering pusing, badan tidak nyaman, dan dapat pula menyebabkan kerontokan rambut. Jagalah porsi tidur Anda dan usahakan rutin dalam berolahraga.

Bekerja tidak sama dengan berolahraga. Meski bekerja mengeluarkan keringat, namun efek yang ditimbulkan berbeda. Pola otot dalam berolahraga berbeda dengan saat bekerja. Jadi, jangan samakan bekerja yang keras dan berkeringat dengan berolahraga sehingga Anda mengecilkan olahraga.

Secara umum, penyebab kerontokan yang dimotori oleh penggunaan obat kimia yang kontraproduktif, depresi, dan faktor usia serta penyakit berkaitan dengan hormon DHT (dihidrotestoteron). Hormon ini naik ketika metabolisme tidak berjalan dengan baik disebabkan hal yang telah disebutkan.

Kenaikan hormon ini menyebabkan penutupan pada protein penumbuh rambut sehingga nutrisi rambut menjadi berkurang. Penambahan nutrisi rambut terkadang sering digunakan namun tak jarang yang kurang berhasil. Akibatnya, terjadilah kerontokan yang tidak dapat ditanggulangi. Oleh sebab itu, untuk mencegah kerontokan adalah dengan mencegah diproduksinya besar-besar hormon DHT tersebut.

Tanaman Obat Penumbuh Rambut

tanaman obat penumbuh rambut

Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman hayati, terutama pada bidang tanaman herbal. Tidak sedikit tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat yang manjur, ramuan warisan nenek moyang. Selain tidak memiliki efek samping, tanaman obat mudah didapat dan harganya jauh lebih murah dibanding obat sintesis pabrik.

Tanaman obat penumbuh rambut sebenarnya sangat mudah kita temui di pekarangan rumah kita. Bahkan dapat Anda dapatkan di pasar-pasar desa di dekat Anda. Berikut sedikit tentang tanaman obat penumbuh rambut yang mudah kita dapatkan.

Bayam

Bayam sangat mudah kita temui di pekarangan dan di pematang sawah atau Anda bisa dapatkan di pasar. Tanaman bayam memiliki kandungan zat besi, protein, kalium, lemak, fosfor dan Vitamin A. Protein ini dapat berfungsi menyuburkan rambut.

Cara penggunaannya, setengah genggam bayam ditumbuk halus. Tambahkan air satu cangkir (air matang saja) dan panaskan sambil diaduk. Tidak perlu menunggu mendidih (karena sudah matang), angkat dan saring. Tambahkan satu sendok madu, minum tiga kali sehari.

Lidah buaya

tanaman obat penumbuh rambut - lidah buaya

Lidah buaya telah sangat dikenal oleh masyarakat dunia sebagai tanaman obat penumbuh rambut dan tanaman untuk perawatan rambut. Tak jarang beberapa produsen sampo memasukkan ekstrak lidah buaya meningkatkan efektifitas sampo.

Cara penggunaan tanaman ini sebagai obat penumbuh rambut yaitu ambil satu pelepah lidah buaya yang cukup besar. Kuliti dengan membuang kulit  bagian dalam dan durinya. Lidah buaya yang sudah bersih gosokkan pada rambut kepala anda setelah didahului dengan mengeramasi rambut Anda.

Lakukan pada malam hari sebelum tidur, bungkus rambut kepala dengan handuk bersih setelah digosok dengan lidah buaya. Lalu bersihkan keesokan harinya dengan air. Lakukan selama tiga bulan, niscaya rambut Anda kembali tumbuh.

Daun Mangkokan

Daun mangkokan sangat mudah ditemukan di pedesaan dengan bentuk daun seperti mangkok menghadap ke atas. Daun mangkok mengandung zat protein, fosfor, kalsium, Vitamin A, C dan B1. Cara penggunaannya dengan meremas satu genggam daun mangkokan yang telah dicuci bersih.

Lalu tambahkan air hangat hingga tercampur. Gunakan untuk membilas rambut pada malam hari sambil dipijit. Bungkus dengan handuk pada kulit kepala yang telah dibilas dengan daun mangkokan, lalu bersihkan keesokan harinya.

Teh

Tanaman Obat Penumbuh Rambut - Teh

Teh telah dikenal dunia sebagai minuman yang nikmat, selain karena rasanya juga efek menyegarkan serta efek kesehatan yang selama ini dipercayai. Lain daripada itu, beberapa orang di pedesaan menggunakan teh sebagai obat penumbuh rambut. Teh kental (cem-ceman: jawa) sebanyak satu mangkok diletakkan di luar rumah pada malam hari hingga pagi hari agar terkena embun pagi.

Pagi harinya, ambil teh tersebut lalu tutup untuk menjaganya. Pada petang hari, gunakan teh tersebut untuk membilasi dan mencuci kulit kepala anda sambil dipijit-pijit. Lalu bungkus dengan handuk yang bersih dan bilas di pagi harinya.

Tanaman Nyamplung

Tanaman nyamplung banyak terdapat tumbuh di dekat sungai dan pantai. Bijinya bulat mengandung banyak sekali minyak sehingga banyak penelitian menggunakan biji ini untuk membuat biodiesel. Minyak ini terdapat pada bijinya yang terbungkus oleh kulit ari biji yang cukup keras.

Cara menggunakan biji nyampung sebagai obat penumbuh rambut dengan memakai minyak yang keluar dari bijinya. Pecahkan kulit keras nyamplung, ambil bijinya dan taruh dalam piring bersih. Cukup panaskan saja pada terik matahari, maka akan keluar sendiri minyaknya. Gunakan minyak tersebut untuk membilasi rambut Anda, seperti hanya cara pada lidah buaya, daun mangkokan dan teh.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibu Guru Pasti Meleleh, Ini Puisi Hari Guru Nasional Berbagai Macam Peralatan Kantor Serta Fungsinya