Teknik Dan Cara Membuat Boneka Yang Unik Dan Lucu

Membuat boneka adalah salah satu hobi yang dapat menghasilkan uang. Selain berpotensi sebagai peluang bisnis, dengan berkreasi menggunakan boneka akan membuat anda dapat menyalurkan kreatiitas yang terpendam.

Dengan membuat sendiri anda dapat menghemat serta membuat kreativitas berdasarkan selera anda. Selain itu, anda juga dapat membuat boneka buatan sendiri sebagai hadiah yang tak ternilai harganya. Hadiah boneka bisa membuat hubungan interpersonal anda semakin baik.

Boneka sendiri dapat dibuat dengan berdasarkan beraneka ragam tokoh baik hewan, manusia, hingga tokoh kartun yang ada di televisi. Saat ini sangat marak tontonan kartun dari Masha and the Bear. Banyak pula boneka yang dijual secara komersil dengan bentuk tokoh kartun yang satu ini.

Selain kartun Masha and the Bear yang berasal dari Rusia tersebut, serial kartun tom and jerry sempat heboh di kalangan anak kecil. Kartun ini menceritakan mengenai perkelahian antara tom si kucing dengan jerry si tikus.

Kadang muncul tokoh baru bernama spike yang berupa anjing putih. Hingga saat ini banyak dijumpai pernak-pernik dari serial tom and jerry. Mulai dari sprei, boneka, buku dan barang lainnya. Maka tak heran jika boneka dengan tema kartun ini banyak diminati di pasaran.

Untuk membuat boneka diperlukan keuletan serta ketelitian dalam menjalankan prosesnya. Pasalnya, pekerjaan tersebut dapat dikatakan susah-susah gampang. Dikatakan susah karena anda dituntut untuk menyelesaikan detail-detail kecilnya. Gampang karena bahan yang diperlukan mudah didapat dengan harga yang terjangkau. Ada beberapa jenis boneka yang dapat anda coba lakukan di rumah, antara lain sebagai berikut.

Cara Membuat Boneka Beruang

Boneka beruang adalah jenis boneka yang sangat tradisional. Jaman dahulu, orang-orang sering menggunakan boneka ini sebagai hadiah ulang tahun atau sekedar hadiah untuk orang terkasih. Pantas jika disebut boneka beruang adalah barang klasik dan legendaris. Boneka beruang ini tidaklha sulit dalam pembuatannya.

Untuk membuat boneka beruang caranya cukup mudah jika anda mengetahui beberapa caranya. Pertama-tama siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan sebagai bahan dasar dari boneka beruang ini. Seperti kain untuk bahan luar dari boneka serta isian yang dapat berupa kapas, dacron atau kain perca kecil.

Untuk aksesoris siapkan di bagian mata, hidung, kain sebagai isi perut dan yang lainnnya. Jangan lupa untuk menyiapkan aksesoris sebagai penghias boneka seperti glitter, patung, atau pita. Kemudian barang-barang yang dibutuhkan untuk proses pemasangan seperti gunting, lem, benang dll.

Keterampilan awal dalam cara membuat boneka beruang yang harus dimiliki dalam pembuatan boneka beruang yakni keahlian untuk menjahit. Faktor lain seperti ulet serta telaten juga menjadi keahlian yang diperlukan dalam pembuatan boneka beruang. Jika anda belum ahli dengan menjahit, anda dapat belajar mulai dari sekarang atau bertanya kepada orang lain yang lebih bisa. Gunakan mesin jahit untuk memberikan hasil yang maksimal.

Langkah awal yang harus anda lakukan yakni potong pola yang telah disediakan menggunakan gunting payung. Kemudian, jahit pola sesuai bagian yang telah dipotong, misalnya anda akan memulainya dari kepala atau tangan. Jangan lupa untuk menyisakan satu bagian yang kosong sebagai media untuk memasukkan isi boneka. Setelah itu, masukkan isi yang telah disediakan.

Selanjutnya, satukan masing-masing bagian dari boneka beruang. Kemudian, pasangkan setiap bagian aksesoris seprti mata, hidung dan mulut sesuai tempatnya. Langkah terakhir berikan pita untuk membuatnya semakin cantik. Nah, itu adalah cara membuat boneka beruang yang dapat anda praktekkan sendiri di rumah.

Cara Membuat Boneka Penguin

Barang bekas tidak selamanya tak berguna. Anda dapat berkreasi dengan menggunakannya sebagai barang yag lebih menarik, salah satunya yakni dengan membuatnya sebuah boneka penguin. Langkah awal dalam pembuatan boneka penguin ini, anda perlu menyiapkan bahan yang diperlukan seperti dua botol bekas air mineral ukuran besar, cat air warna warni, kuas, gunting atau cutter, lem plastik dan kain perca.

Cara membuatnya cukup mudah, bersihkan terlebih dahulu dua botol bekas tersebut. Potong botol yang satunya menjadi dua bagian tepat di tengah. Sedangkan, botol yang satunya potong dari dasar sepanjang lima sentimeter. Satukan kedua botol tersebut, jangan lupa untuk memberikan lem di bagian sambungannya.

Berilah cat putih di bagian salah satu sisinya. Kemudian gambar bentuk perut penguin memakai spidol hitam. Warnailah perut penguin dengan cat hitam. Cat juga kepala penguin dengaa warna merah atau sesuai dengan selera anda. Berilah mata dengan warna hitam, mulut dengan warna merah memakai kuas kecil.

Berilah titik-titik yang telah diwaranai sebelumnya. Bagian tersebut akan diberiken topi. Lilitkan syal yang dibuat dari kain perca di bagian leher penguin. Gunakan kain perca yang lain sebagai hiasan topi penguin. Boneka penguin siap menemani aktivitas anda di rumah. Anda dapat menggunakannya sebagai pajangan di ruang tamu sekaligus teman bermain buah hati anda.

Cara Membuat Boneka Kain

Boneka yang satu ini adalah salah satu jenis boneka kegemaran anak-anak. Pasalnya, biasanya boneka kain ini digunakan sebagai media untuk bercerita dongeng kepada anak. Selain itu, anak-anak juga dapat menggunakannya untuk bermain bersama teman-teman mereka.

Salah satu efek positif memakai boneka kain ini adalah dapat meningkatkan perkembangan sosialisasi anak. Hal tersebut karena anak akan melatih komunikasi dan berusaha menirukan suara dari tokoh yang dimainkan. Ternyata, boneka kain mudah sekali untuk dibuat.

Langkah awal membuat boneka kain adalah buatlah konsep mengenai boneka kain yang akan anda buat terlebih dahulu. Mulai dari warna kainnya. Anda dapat memanfaatkan kain yang tidak digunakan lagi sebagai bahan dasar dari boneka kain. Gambarlah pola dengan garis pada kain.

Tambahkan sedikit lebar sebesar 1cm pada sekitar daerah garis pola untuk dibuat sebagai lapisan. Buat boneka lebih besar dari bentuk akhirnya. Nanti, anda bisa memadatkannya dan boneka akan mengembung dengan sendirinya. Letakkan lapisan kedua pada kain di bawah pola. Ikuti polanya sesuai pola pertama dengan memotongnya. Sematkan kain dan mulailah menjahit.

Jangan lupa untuk meninggalkan bagian kosong sebagai tempat memasukkan isi. Potong segitiga pada lapisan yang berlebih. Balik boneka kain dan jahit mulai dari tempat memasukkan isi. Gembungkan boneka kain dengan memasang kapas atau bahan lain yang dapat digunakan. Jangan lupa untuk menjahit tangan dan kaki dengan mesin. Bentuklah ekspresi dari boneka kain dengan memasang mata, mulut, kancing serta hidung. Buat baju dengan memanfaatkan kain yang tak terpakai. Boneka kain siap dibuat mainan si kecil.

Sebenarnya, jika anda telaten dan cermat. Boneka dapat dijadikan sebagai lahan bisnis yang cukup menjanjikan. Pasalnya, pasaran dari boneka sendiri tidak sulit karena peminatnya selalu banyak. Anda juga bisa memanfaatkan barang bekas sebagai bahan baku dari boneka. Mulau dari kain perca hingga botol bekas. Anda juga dapat membuatnya sendiri. Anda juga dapat membuat boneka dengan melihat tokoh kartun sebagai sumber inspirasi.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.