Tertarik Mempelajari Bahasa Korea?

Animo masyarakat untuk mempelajari bahasa Korea semakin tinggi dari tahun ke tahun. Kecenderungan generasi muda untuk mendalami bahasa asing selain Inggris ini cukup signifikan. Ada semacam pergeseran orientasi terutama dalam hal mencari pekerjaan.

Selain dalam mempelajari Bahasa Korea itu tidak terlalu sulit namun bisa menjadi tantangan yang menyenangkan jika mau dikaji lebih mendalam.

Dasar-Dasar Mempelajari Bahasa Korea

Orang tidak perlu bingung untuk mencoba belajar bahasa Korea. Kini sudah tersedia beragam pilihan untuk mempelajari Bahasa Korea dengan mudah dan praktis. Seperti tersebarnya bimbingan bahasa Korea yang tanpa dipungut biaya alias pelatihan gratis sampai lembaga kursus bahasa yang setidaknya banyak mengeluarkan biaya mahal hingga jutaan rupiah. Semua terserah pilihan dan selera orang untuk memilih yang mana. Agar bisa belajr bahasa Korea dengan sebaik mungkin setidaknya orang harus memahami beberapa materi sebagai berikut :

Menguasai Kemampuan Menulis Sekaligus Membaca

Biasanya bahasa Korea ditulis dengan aksara Hangul sehingga mau tidak mau siapapun harus belajar cara membaca serta menulis aksara Hangul.

Menguasai Kemampuan Untuk Mendengar Percakapan

Perlu diketahui jika Bahasa Korea memiliki sifat perubahan pada kata predikatnya. Serta mengalami perubahan pada kata kerjanya yang disertai waktu maupun tingatan dalam bahasa baik secara tingkatan formal dan yang menggunakan bahasa tidak baku atau slang untuk percakapan sehari-hari. Tingkatan formal itu pun dibedakan menjadi non fomal hormat maupun formal hormat.

Menguasai Tata Bahasa Terstruktur

Dalam mempelajari tata bahasa Korea secara terstruktur memang diperlukan proses belajar secara bertahap dan intensif agar diperoleh hasil yang maksimal. Belajar bahasa asing tidak cukup mengandalkan hanya bisa membaca dan menulis saja melainkan memahami bagaimana penguasaan suatu tata bahasa yang baik.

Menguasai Perbendaharaan Kata

Agar bisa lancar dan fasih dalam bercakap-cakap dengan bahasa asing tidak ada salahnya untuk terus mengasah hafalan dalam kosa kata. Agar perbendaharaan kata terus berkembang lebih baik haruslah tekun untuk menghafal kosa kata bahasa Korea yang merupakan akar dari bahasa itu sendiri. Kemungkinan nantinya bisa berhasil dan sukses dalam sebuah ujian bahasa Korea.

Tentang Bahasa Korea

Ada pula kemudahan belajar bahasa Korea secara online dan siapa pun bisa memilih sesuai level kemampuan masing-masing. Meski bahasa Korea terkean sederhana dan komprehensif tetaplah tekun dan bersungguh-sungguh belajar bahasa Korea. Untuk lebih memudahkan orang mempelajari bahasa asing seperti halnya bahasa Korea. Mari kenali hal yang paling sederhana dalam bahasa Korea sebelum masuk ke dalam materi bahasa Korea.

Kenali huruf Hangul sebagai salah satu alphabet yang digunakan dalam menulis bahasa Korea. Awal mula huruf ini ditemukan oleh raja Sejong yang agung pada masa Dinasti Jeoseon. Selalu terus bersemangat dan tekun mempelajari bahasa Korea akan memudahkan menguasai bahasa asing tersebut. Terdapat 24 huruf allfabet dasar yang terdiri atas 10 huruf vokal dan 14 huruf konsonan.

Beberapa Alasan Tertarik Belajar Bahasa Korea

Seiring perkembangan jaman, ada pergeseran pemahaman dan orientasi orang untuk lebih mengembangkan kemampuan dalam mempelajari bahasa asing. Terlebih lagi dalam bidang akademisi terutama dalam pemberian beasiswa memang lebih diprioritaskan bagi siswa yang mempunyai kelebihan penguasaan bahasa asing selain bahasa Inggris. Simak beberapa alasannya adalah sebagai berikut :

Menjadi Syarat Penting Dalam Bekerja

Banyak orang Indonesia tertarik bekerja di luar negeri seperti halnya di Korea. Melihat tingginya standar gaji para Tenaga Kerja Indonesia yang merantau di Korea. Jadi dengan menguasai kemampuan bahasa Korea menjadi nilai tambah untuk sukses bekerja di Korea.

Ingin Mempelajari Sejarah Dan Kebudayaan Bangsa

Saking merasa cinta dan sayangnya terhadap peradaban Korea, maka tidak menutup kemungkinan ada orang belajar bahasa Korea sekedar untuk mempelajari kebudayaan bangsanya. Meskipun sebagian besar didominasi oleh kebudayaan populer semisal dengan K-Pop dsb.

Template Blogger Terbaik Rekomendasi

Peluang Studi Dan Kerja

Semua orang mengetahui jika Korea saat ini menjadi negara maju yang berkembang pesat di dunia. Oleh karena itu menjadi kesempatan yang baik jika bisa belajar sekaligus bekerja di sana.

Kiat mudah Belajar Bahasa Korea

Jika seseorang sudah memiliki niat untuk mempelajari suatu hal dengan tekun dan bersemangat tentunya tidak akan menjadi kendala untuk belajar sampai tuntas. Berikut ini kiat mudahnya yang bisa dilakukan sejak awal adalah :

Pastikan Niat Dan Tekad Bulat Untuk Memotivasi

Dengan adanya motivasi yang membara dan terus bersemangat akan mendorong seseorang lebih giat dan antusias belajar sampai akhir. Apapun masalah yang dihadapi juga kendala yang dihadapi tidak akan membuat putus asa selama ada kemauan yang kuat.

Memahami Hal-Hal Dasar Yang Kerap Digunakan

Jangan terlalu memaksakan diri belajar terburu-buru ke tingkat selanjutnya. Berlatih hal yang mendasar seperti mengucapkan kata kata dalam bahasa Korea maupun dalam kalimat semisal : mengucapkan terimakasih, apa kabar, selamat malam, senang bertemu dirimu.

Perbanyak Membaca Literature Baik Dari Internet, Majalah Atau Media Lainnya

Demi memperluas dan mengembangkan perbendaharaan kata menjadi lebih banyak ada baiknya rajin membaca literature yang berhubungan dengan kosa kata bahasa Korea, seperti membaca artikel atau postingan berbahasa Korea baik dari internet, majalah maupun koran Korea, buku-buku berbahasa Korea, komik Korea, kamus pintar.

Meskipun cuma beberapa alenia yang bisa dipahami bukanlah suatu masalah besar. Itu menandakan motivasi kuat untuk terus berlatih dalam proses pembelajaran. Setidaknya dengan membaca berbagai tulisan bahasa Korea, maka ada peluang semakin meningkatkan jumlah kosa kata yang dimiliki. Keuntungan lainnya juga bisa memperoleh gambaran tentang tata bahasa Korea dan penyusunan kata-kata menjadi kalimat yang baik.

Belajar Di Situs Online

melatih hafalan dengan berlatih menulis, atau belajar melafalkan dengan tepat, bisa juga dari belajar online via internet di situs www.translate.google.com. Dari situs tersebut diperoleh banyak penjelasan mengenai bahasa Korea secara lengkap tentunya penyampaian dalam bahasa Korea juga. Namun jangan kuatir bagi orang yang baru pertama kali belajar bahasa Korea bisa dengan mudah mendengarkan lafal sebenarnya dengan cara mengklik gambar yang berbentuk speaker setelah mengetikkan kata kunci yang akan dicari artinya.

Rajin Melatih Pendengaran

Tujuannya agar terbiasa mendengarkan percakapan dalam bahasa Korea dengan mudah. Tentunya bisa dilakukan dengan cara mendengarkan lirik-lirik lagu Korea, menonton serial drama TV Korea atau cinema drama Korea tanpa memperhatikan serta menghilangkan teks bahasa Indonesia di bawahnya.

Praktek Ngomong Secara Langsung

Berani dan percaya diri mendorong orang bisa ngomong secara langsung tanpa merasa kesulitan. Bisa dengan mengajak teman yang memiliki minat sama untuk diajak berlatih ngomong-ngomong dalam bahasa Korea. Ada untungnya juga jika bisa berkenalan atau berbicara langsung dengan orang asing yang berbahasa Korea. Dengan demikian semakin memperlancar kemampuan berbahasa asing.

Jangan Sampai Merasa Putus Asa

Moto untuk bisa berhasil dalam mempelajari bahasa asing memang sangat diperlukan. Jangan pernah merasa putus asa bila menemui kegagalan ditengah jalan.Dibutuhkan suatu proses yang bisa memakan waktu lama untuk bisa ke tingkat lanjut dalam melancarkan kemampuan berbahasa Korea.

Demikian uraian tentang tertarik belajar Bahasa Korea dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.