Tips Aman Dan Sehat Saat Naik Pesawat

Tips aman dan sehat saat naik pesawat. Setiap orang termasuk anda tentu mendambakan apa yang dinamakan liburan bukan? Ya, dengan berlibur maka anda akan bisa mengatasi segala kelelahan dan juga pikiran saat anda bekerja yang tentunya ini akan sangat berguna bagi anda.

Driving on Rainy Day from Dahilayan...
Driving on Rainy Day from Dahilayan to Bee Farm Malaybalay Bukidnon

Nah biasanya cara yang sering digunakan oleh orang-orang untuk meluangkan masa liburannya adalah dengan bepergian ke suatu tempat wisata yang menyenangkan yang berada diluar kota atau bahkan pergi keluar negeri. Salah satu alat transportasi yang sering kali digunakan oleh orang-orang ini adalah Pesawat. Mengapa pesawat?

Biasanya orang akan memilih transportasi pesawat jika mereka bepergian cukup jauh dan juga hendak menghemat waktu mereka di perjalanan. Dengan kata lain mereka tidak ingin waktunya terbuang hanya untuk perjalanan saja.

Selain itu kini harga tiket pesawat juga sudah mulai terjangkau dengan berbagai paket promosi seperti paket liburan keluar negeri untuk 4 orang dan lain sebagainya, sehingga tidak heran mengapa cukup banyak orang yang sering menggunakan transportasi pesawat ini.

Namun dibalik kenyamanannya, pesawat juga sering dianggap sebagai transportasi yang cukup berbahaya oleh masyarakat akibat seringnya kejadian seperti jatuhnya pesawat karena gagal mesin yang berakibat kematian dan bahkan pesawat tersebut tidak bisa ditemukan.

Lalu bagaimana jika anda ingin berlibur dengan menggunakan pesawat, namun anda masih merasa was-was untuk menaikinya karena kejadian tersebut? Sebenarnya hal tersebut tidak perlu anda khawatirkan jika anda sudah memiliki persiapan yang matang.

Tunggu dulu… persiapan yang matang disini bukan berarti anda benar-benar siap untuk mati (walaupun memang yang namanya kematian itu tidak bisa ditebak datangnya) tetapi maksud persiapan disini adalah anda mempersiapkan segala hal yang bisa membantu pesawat berjalan dengan lancar dan juga persiapan untuk tubuh anda agar selalu sehat didalam pesawat sampai dengan tujuan yang anda targetkan.

Berikut ini adalah beberapa Tips dan trik yang bisa anda lakukan untuk mencapai hal-hal tersebut :

Makanan Ringan – Tips Aman Dan Sehat Naik Pesawat

Usahakan saat anda ingin bepergian dengan menggunakan pesawat, bawalah makanan ringan yang sehat seperti Buah-Buahan dan juga sejenis Kacang. Makanan ini sangat cocok bagi anda untuk menemani perjalanan jauh dengan pesawat yang anda naiki.

Jika anda memang berencana untuk menempuh perjalanan liburan yang jauh yaitu antar Negara dengan pesawat, maka anda bisa makan terlebih dahulu sebelum anda berangkat. Usahakan anda untuk bisa mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung serat-serat dan juga protein yang sangat tinggi. Kedua kandungan ini sangat berguna untuk menambah energi anda didalam pesawat sehingga nantinya anda tidak akan merasa lemas di dalam perjalanan jauh anda.

Jagalah Kebersihan – Tips Aman Dan Sehat Naik Pesawat

Anda harus bisa menjaga kebersihan diri anda sendiri khususnya saat anda akan makan camilan anda didalam pesawat. Usahakan sebelumnya anda sudah mencuci tangan terlebih dahulu baik didalam pesawat atau didalam bandara sebelumnya. Ini memang terlihat hal yang sangat simple, tapi percayalah bahwa hal ini akan sangat berguna bagi anda jika anda tidak ingin sakit perut didalam pesawat dan tidak bisa menikmati perjalanan panjang anda.

Hati-Hati Dehidrasi – Tips Aman Dan Sehat Naik Pesawat

Anda harus minum banyak air jika anda ingin tetap fit dan bisa menikmati perjalanan anda. Ya kekurangan air akan menyebabkan anda dehidrasi mengingat udara didalam pesawat begitu kering. Tentunya efek dari dehidrasi ini tidak bisa dianggap remeh karena anda akan merasa sangat bosan dan stres sehingga anda benar-benar tidak akan bisa menikmati perjalanan liburan anda. Tentunya anda tidak ingin hal seperti ini terjadi pada liburan anda bukan?

Jadwal Penerbangan – Tips Aman Dan Sehat Naik Pesawat

Ketika proses penerbangan mengalami sedikit gangguan seperti mundurnya jadwal penerbangan pesawat atau hal-hal lainnya, usahakan anda untuk tetap tenang dan sabar dalam menunggu karena ini juga akan mempengaruhi sifat liburan anda. Apakah anda berlibur dengan maksimal, puas dan menyenangkan ataukah anda justru berlibur dengan kondisi yang jelek dan merasa sama sekali tidak bisa menikmati ketenangan saat liburan, itu semua tergantung anda sendiri.

Tenangkan Diri Anda – Tips Aman Dan Sehat Naik Pesawat

Cara paling bagus untuk menenangkan diri anda adalah dengan memejamkan mata anda untuk sesaat, tenangkan pikiran dan tarik nafas yang dalam dan hembuskan pelan-pelan. Lakukan cara ini terus menerus sampai anda bisa merasa benar-benar tenang.

Tegakan Sandaran Kursi – Tips Aman Dan Sehat Naik Pesawat

Saat anda mulai berada didalam pesawat, segera tegakkan sandaran kursi anda ketika anda mau berangkat (take-off) atau mau mendarat (landing). Hal ini sangat bermanfaat jika saat itu ternyata sang pilot pesawat menggagalkan landing atau take-offnya karena cuaca dan biasanya saat proses ini terjadi anda akan mengalami tekanan yang cukup berat di tempat duduk anda. Nah jika anda tidak menegakkan sandaran kursi anda, maka anda bisa terbentur dengan kursi depannya yang tentunya hal ini tidak anda inginkan bukan?

Matikan Ponsel – Tips Aman Dan Sehat Naik Pesawat

Ingat saat didalam pesawat, anda harus benar-benar mematikan ponsel atau hp anda. Mengapa? Perlu anda ketahui, saat didalam perjalanan terbang pesawat hampir tidak mungkin ponsel anda bisa mendapatkan sinyal karena terlalu tingginya jarak anda dengan sinyal yang dipancarkan oleh pemancar.

Nah bila anda tetap menyalakan ponsel saat pesawat anda sudah terbang maka hp anda akan berusaha untuk mencari sinyal-sinyal yang mungkin disekitarnya dan pencarian sinyal ini tidak akan berhenti sampai hp anda benar-benar menemukan sinyal yang mungkin bisa digunakan.

Akibatnya hal ini bisa menimbulkan gangguan sistem komunikasi yang ada pada pesawat. Gangguan ini bisa berakibat salah tangkapnya ketinggian pesawat yang seharusnya berada pada 3000 kaki menjadi 30000 kaki yang tentunya ini akan berakibat fatal.

Bayangkan saja jika pilot pesawat melihat ketinggian pesawat yang dikendarainya masih dalam posisi 30000 kaki padahal sudah mau landing, tentu saja dengan cepat pilot akan menurunkan pesawat tersebut bukan? Nah apa yang terjadi apabila saat itu pesawat ternyata berada pada posisi 3000 kaki bukan 30000 kaki? Tentunya akibat fatal akan terjadi yaitu crash atau tabrakan dengan objek dibawahnya.

Kejadian ini bisa terjadi walaupun hanya 1 ponsel saja yang menyala didalam pesawat, apalagi jika ternyata banyak ponsel yang menyala didalam pesawat tentunya ini akan semakin merusak sistem navigasi dari pesawat yang tentunya bisa berakibat hal yang tidak diinginkan bahkan fatal.

Perhatikan Standar Kesalamatan – Tips Aman Dan Sehat Naik Pesawat

Anda harus memperhatikan pramugari yang memperagakan tentang keselamatan didalam pesawat dengan menggunakan alat keselamatan. Ya, anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi didalam pesawat jadi anda harus mempersiapkan hal-hal ini jika nantinya terjadi hal yang tidak diinginkan didalam pesawat seperti mesin yang tiba-tiba mati atau terjadi tabrakan yang mengakibatkan goyahnya keseimbangan pesawat yang anda naiki tersebut.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.