Tips Dan Cara Memilih Baju Anak Yang Cocok Untuk Buah Hati

Memilih baju anak menjadi pertimbangan utama para orang tua bijak dalam mengenalkan tata cara berpakaian. Bagaimana anak belajar mengenal pakaian sesuai pilihan dan menghargai apa yang dipakai.

Tidak hanya sekedar memanjakan dengan membelikan beragam baju di sebuah toko, pusat perbelanjaan ataupun butik ternama. Melainkan bisa memberikan pengetahuan dan pengalaman baru anak dalam mengenal pakaian.

Kiat Mengenalkan Baju

Upaya mengenalkan tata cara berpakaian tentunya bisa dipilih dengan melakukan suatu hal yang dirasa bisa menimbulkan kesenangan.Itu semua bisa dilakukan diantaranya:

Melibatkan Anak

Jangan pernah mengabaikan pendapat anak lantaran menganggap sebagai anak kecil.Lewat pendapat anak yang polos dan tulus orangtua akan mengerti tentang keinginan dari anak yang sebenarnya. Tidak harus dengan paksaan orang tua agar si anak terpaksa menyukai suatu model baju yang sama sekali kurang disukainya.

Melengkapi Dengan Baju Santai

Umumnya anak-anak suka dengan baju yang terasa nyaman dan enak dipakai di tubuh.Mengingat anak-anak lebih banyak bergerak dan bermain dengan lincah dan bebas. Bahkan mereka sama sekali tidak mempedulikan tentang baju yang akan dikenakan dalam waktu bepergian atau pun acara pesta.Malahan anak selalu merasa nyaman dengan baju santai sehari-hari semisal kaos dan celana pendek.

Mengenakan Bahan Baju Yang Aman Dan Nyaman

Anak-anak selalu aktif dalam bermain dan bergerak bebas kesana kemari. Ada baiknya orang tua bisa cermat memilih baju anak dengan bahan yang aman dan nyaman seperti bahan tidak panas, lembut di kulit dan mudah menyerap keringat. Semua pilihan tersebut bisa menghindari dari iritasi kulit terutama bagi anak yang memiliki kulit yang sensitif.

Cara Memilih Baju yang Baik

Selama ini sebagian orang tua masih ada yang belum mengerti dalam menentukan jenis pilihan baju anak yang baik. Seringkali memaksakan bentuk dan model baju yang dianggap baik namun belum tentu bisa diterima nyaman oleh anak. Setidaknya dengan mempercayai pendapat anak akan jenis baju yang disukai akan mendorong si kecil menghargai pilihan pribadinya.

Orang tua bisa belajar dengan berusaha melakukan cara-cara seperti :

  • Membeli baju dari bahan yang mudah menyerap keringat, lembut di kulit serta nyaman saat dikenakan. Dengan demikian anak akan merasa lebih enjoy memakai baju pilihannya.
  • Hindari memilih baju yang berkancing logam dan besi. Dikuatirkan kancing dari bahan tersebut bisa mengalami oksidasi atau berkarat. Sangat berbahaya jika sampai kancing lepas dan tertelan ke mulut.
  • Lebih baiknya membelikan baju anak yang agak longgar terutama dibagian lengan,ketiak,leher serta sela paha. Untuk menghindari terkena iritasi kulit yang terdapat pada sisa keringat.
  • Sebaiknya tidak memilih baju anak yang ramai aksesoris semacam payet manik-manik, pita bertali-tali agar terhindar dari resiko seperti tercekik, kulit tergores, atau terjerat.
  • Usahakan membelikan baju anak yang tidak membatasi gerakan. Baju yang terlalu ketat akan menyusahkan anak bergerak lincah.
  • Pilih bahan baju yang terbuat dari katun karena dengan mudah menyerap keringat. Jangan sampai memilih baju dari bahan sintesis seperti nylon dan polyster. Efek yang diitimbulkan terutama untuk anak batita adalah mengalami peradangan kulit kemerah-merahan karena gatal.
  • Usahakan untuk tidak memilih baju berkancing besar di bagian depan. Ketika anak sedang tengkurap beresiko menimbulkan bahaya semisal kancing terlepas lalu tertelan.
  • Pilih model baju yang simpel agar anak mudah memakai dan melepaskan.
  • Sebisa mungkin memberikan baju yang sesuai dengan usia dan ukuran tubuh anak sehingga membuat rasa kepercayaan diri bertambah.
  • Ada baiknya memilihkan baju yang terjangkau harganya.Mengingat baju anak tidak bisa dipakai dalam jangka panjang. Seiring pertumbuhan dan perkembangan anak akan terus mengalami perubahan.

Kiat Memilih Baju Untuk Anak

Selama ini tersebar beragam koleksi anak dengan banyak model lucu dan warna yang menarik. Tidak jarang membuat banyak orang tua menghujani hadiah dengan berbagai baju-baju yang tengah ngetrend. Namun dari semua itu yang terpenting membuat anak lebih menghargai dengan apa yang dikenakan sehari-harinya adalah dengan memperhatikan beberapa faktor penting lainnya seperti berikut yaitu:

Pemilihan Bahan

Ada baiknya orang tua sebagai konsumen bijak bisa jeli memperhatikan tentang bahan baju anak salah satunya terbuat dari serat kain yang alami semisal katun. Terbukti mempunyai kemampuan menyerap keringat dibandingkan dari bahan sintetis. Selain itu pemilihan bahan yang tepat akan menolong anak tetap merasa nyaman bergerak lincah ketika bermain. Hingga tidak menimbulkan gangguan seperti iritasi yang timbul pada kulit. Atau bisa juga memilih bahan wol seperti sweater yang memberi rasa hangat saat musim hujan.

Template Blogger Terbaik Rekomendasi

Ukuran Baju

Perhatian penting lainnya adalah soal ukuran baju. Hal utama ini harus diperhatikan mengingat ukuran baju juga bisa mempengaruhi aktifitas anak dalam bergerak. Jika baju terlalu sempit tentu membuat anak merasa kurang nyaman sebaliknya baju yang longgar bisa menghambat gerakkan anak.

Menentukan Model Baju

Trend model baju anak anak memang kian berkembang pesat. Banyak sekali pilihan yang tersedia.Yang patut diperhatikan adalah memilih secara tepat dan disesuaikan dengan umur sebenarnya.Hingga anak tidak tampak lebih dewasa dari usia yang sebenarnya.Sebaiknya orang tua memilih model baju anak yang mewakilkan karakter sifat anak yang penuh ceria, periang dan polos.

Pemilihan Motif Warna

Motif warna yang kerap melekat pada baju anak kecil menyiratkan karakter yang penuh keceriaan. Sehingga baik orang tua bisa memilih aneka warna-warna yang cerah sebagai motif baju yang dianggap menyiratkan sifat penuh enerjik. Bisa ditemukan pada corak motif seperti pola khusus (tema bunga atau tumbuh-tumbuhan,binatang, maupun alam sekitar) atau pola kartun favorit.

Menyesuaikan dengan acara

Pemilihan baju untuk anak juga bisa diselaraskan dengan berbagai acara. Memakai baju yang tepat saat datang ke salah satu acara.Contohnya ke pesta ulang tahun maka akan dikenakan baju rok panjang untuk anak putri dan untuk anak laki-laki bisa diberikan kombinasi pilihan baju seperti kemeja dengan celana bahan kain atau jeans panjang.

Namun jika sekedar untuk cuci mata atau jalan-jalan saja cukup mengenakan baju kasual berupa kaos santai dipadu padan celana pendek ukuran 3/4 sehingga anak tetap merasakan santai dalam beraktifitas. Intinya pemilihan baju yang disesuaikan dengan apapun caranya, yang pasti bisa memberi kenyamanan pada pakaian yang dikenakan anak.

Nah dengan beberapa kiat memilih baju anak yang disesuaikan dengan kebutuhan anak seperti diatas akan memberikan panduan mudah khususnya para orang tua dalam mengajarkan pentingnya berpakaian.

Tidak hanya itu saja lebih memberikan masukan berarti mengenai macam baju yang sesuai untuk anak baik dikenakan oleh anak laki-laki maupun anak perempuan. Tentunya dilengkapi dengan serangkaian motif maupun pernak-pernik yang lucu,bahan yang berkualitas,serta membuat nyaman anak memakai baju.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan melaluli artikle ini. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda, dan dapat menambah wawasan Anda.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibu Guru Pasti Meleleh, Ini Puisi Hari Guru Nasional Berbagai Macam Peralatan Kantor Serta Fungsinya