Tips Dan Trik Penataan Dapur Dari Bahan Sederhana

Penataan Dapur – Rumah merupakan hunian yang sangat nyaman, namun tak akan lengkap rasanya jika tidak disertai dengan dapur yang bersih dan tertata dengan rapi. Penataan dapur sudah seharusnya menjadi bahan pemikiran tersendiri. Kita biasanya terlalu fokus pada penataan ruang tamu, ruang keluarga, dan kamar, sehingga dapur menjadi terlupakan. Padahal berbagai kegiatan memasak dilakukan di dapur, jika dapur nyaman, maka aktivitas pun akan lebih menyenangkan. Anda pun bisa menghemat pengeluaran dengan melakukan penataan dapur dari bahan sederhana.

Penataan Ruangan di Dalam Rumah

Tips Dan Trik Penataan Dapur Dari Bahan Sederhana -4

Rumah yang asri dan nyaman adalah impian setiap orang terutama para pasangan muda yang mulai mencoba mandiri dalam kehidupan berumah tangga. Dengan adanya hunian yang nyaman, maka keharmonisan keluarga akan lebih terjalin dengan baik.

Bagi para pasangan muda yang pertama kali memiliki hunian sendiri, biasanya mereka akan meluangkan waktu yang lebih banyak untuk menyiapkan berbagai jenis hal yang berhubungan dengan dekorasi ruangan, baik ruang tamu, ruang keluarga, dan kamar. Namun, mereka terkadang melupakan penataan dapur dan kamar mandi, padahal kedua aspek tersebut dapat dikatakan aspek yang sangat berperan dalam sebuah rumah idaman.

Kebanyakan orang berpikir hal yang harus ditata terlebih dahulu adalah ruangan yang terlihat oleh banyak orang, padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Bayangkanlah jika dapur dan kamar mandi Anda tidak terawat dengan baik, apakah Anda akan merasa nyaman menggunakan kedua ruangan tersebut?

Kenyamanan merupakan hal yang dirasakan sendiri.Jadi, jika Anda ingin merasakan hunian yang nyaman, maka tatalah setiap ruangan dengan baik. Jangan sampai hanya memerhatikan aspek yang terlihat dari kacamata orang lain saja karena pendapat setiap orang mengenai konsep hunian yang nyaman berbeda-beda. Jadi, sudah selayaknya Anda menerapkan konsep hunian nyaman versi Anda daripada memerhatikan versi orang lain.

Bagi Anda yang memiliki hobi memasak, sebaiknya Anda memerhatikan kenyamanan dapur terlebih dahulu karena dapur yang bersih dan rapi akan merepresentasikan kepribadian seseorang, serta seseorang yang rapi dan bersih dapat tercermin dari kondisi dapurnya. Bagi Anda yang memiliki hunian dengan lahan yang besar, sebaiknya buat dapur menjadi dua. Pertama dapur bersih yang digunakan untuk membuat aneka jus, membuat pancake, dan berbagai jenis makanan lain yang bisa dibuat dalam waktu yang singkat.

Kedua dapur utama, dapur ini memiliki fungsi untuk membuat berbagai jenis makanan yang memerlukan waktu relatif lama dan bumbu yang tidak sedikit. Biasanya Anda harus menyiapkan banyak rak yang bisa menampung berbagai keperluan untuk memasak disini.

Aneka rak tersebut ternyata tidak murah, kitchen set dibuat berdasarkan luas dapur. Harga yang ditawarkan pun relatif tinggi, namun tetap tergantung dari bahan dasar pembuatannya. Biasanya dapur berukuran kecil akan memiliki kitchen set berkualitas baik dengan harga minimal lima juta rupiah.

Tentu harga yang cukup fantastis jika Anda harus menerapkan kitchen set pada dua dapur yang berukuran luas. Untuk itulah perlu kecerdikan dalam hal penataan dapur karena tidak selama dapur yang baik harus memiliki kitchen set dengan harga mahal. Banyak cara penataan dapur dari bahan sederhana yang bisa menghemat pengeluaran Anda.

Penataan Dapur

Tips Dan Trik Penataan Dapur Dari Bahan Sederhana -3

Banyak orang mengeluh dengan harga kitchen set yang tinggi, padahal dapur yang dimiliki merupakan dapur yang kecil. Jangan khawatir dengan hal tersebut karena kini Anda akan memiliki banyak referensi menata dapur dengan biaya ringan seperti berikut.

1. Gunakan Barang Bekas

Barang bekas memiliki harga yang sangat murah, bahkan Anda bisa mendapatkannya gratis. Namun jangan khawatir, dengan sedikit kreativitas, maka barang bekas pun dapat disulap menjadi barang yang memiliki nilai kegunaan yang tinggi. Misalnya, Anda ingin memiliki tempat sampah yang unik, mulailah mencari kaleng besar atau drum bekas di pasar loak. Lukislah kaleng tersebut sesuai keinginan Anda dan jadilah tempat sampah unik yang hanya dimiliki oleh Anda.

Selain itu, Anda dapat mengubah drum bekas menjadi kursi untuk disimpan di meja makan, caranya dengan mengecat drum dengan warna yang Anda sukai. Setelah itu, Anda dapat melapisi bagian atasnya dengan bantal kecil yang dibuat dari kain yang dijahit dan memiliki ukuran sama dengan drum, isilah dengan dakron (sejenis busa pengisi bantal), jadilah kursi unik yang cantik.

2. Kitchen Set Bambu

Anda pun dapat memiliki kitchen set dengan harga murah, caranya cari bahan unik, seperti bambu. Bentuklah bambu menjadi rak yang disusun menyerupai kitchen set. Jangan lupa vernish bambu dengan warna natural, jadilah kitchen set unik dengan harga yang murah.

3. Pilihlah Peralatan Dapur dengan Harga Murah

Anda dapat mencari berbagai peralatan dapur dengan harga yang murah di grosir atau pasar besar di kota Anda. Dengan begitu Anda akan mendapatkan berbagai peralatan dapur yang serupa seperti di mall, namun dengan harga yang jauh lebih terjangkau, sehingga dapat menghemat pengeluaran.

4. Gunakan Barang Seperlunya

Tips Dan Trik Penataan Dapur Dari Bahan Sederhana -1

Konsep dari penataan dapur dari bahan sederhana adalah menata dapur dengan berbagai hal yang tidak berlebihan. Intinya Anda harus memerhatikan peralatan dapur apa saja yang sering digunakan. Jangan sampai membeli berbagai peralatan dapur, namun Anda sama sekali tidak pernah menggunakannya.

Selain menghemat pengeluaran, dapur Anda pun tidak akan terlihat penuh dengan berbagai barang yang tidak diperlukan. Jadi, inti dari semua itu adalah perhatikan dengan saksama kebutuhan Anda.

5. Tata Letak yang Baik

Tata letak barang yang baik akan memengaruhi tampilan dapur.Oleh karena itu, cari referensi dari berbagai majalah atau acara televisi yang berhubungan dengan dekorasi dapur. Anda dapat mengaplikasikan konsep tersebut, sehingga tercipta dapur yang cantik seperti yang Anda idamkan.

6. Pergunakan Warna Terang

Tips Dan Trik Penataan Dapur Dari Bahan Sederhana -2

Jika Anda memiliki dapur yang tidak terlalu luas, maka harus ada cara untuk membuat dapur tetap nyaman. Cara yang paling tepat adalah menggunakan warna-warna terang yang memberikan ilusi optik seolah dapur terlihat lebih luas. Anda pun dapat mempergunakan cermin besar yang disimpan pada ujung dapur, sehingga terlihat dapur yang lebih luas dari ukuran aslinya.

Setiap ruangan dari rumah seharusnya mendapat perhatian khusus, tidak hanya penataan dapur dari bahan sederhana, Anda pun dapat mengaplikasikan konsep di atas pada setiap ruangan di rumah. Jadi, akan tercipta harmoni yang menarik saat melihat hasil dekorasi rumah yang Anda buat.

Misalnya, pada ruang tamu Anda dapat membeli kursi yang terbuat dari unsur kayu untuk mempertegas konsep rumah dan sesuai dengan konsep penataan dapur dari bahan sederhana yang telah Anda buat. Dengan begitu rumah akan terlihat jauh lebih serasi dan ada keterikatan antara satu ruangan dengan lainnya.

Demikianlah penjelasan mengenai konsep dan tips dan trik penataan dapur dari bahan sederhana. Semoga dapat menginspirasi Anda dalam mewujudkan konsep hunian ideal.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibu Guru Pasti Meleleh, Ini Puisi Hari Guru Nasional Berbagai Macam Peralatan Kantor Serta Fungsinya