Tips Mempelajari Kunci Gitar Dan Cara Penyetelan Gitar Yang Benar

Mempelajari kunci gitar memang tidak mudah untuk dilakukan karena hingga saat ini masih ada banyak orang yang memang belum bisa memainkan alat musik gitar dengan sempurna padahal orang tersebut sudah bermain gitar dalam waktu yang cukup lama.

Hal ini bisa disebabkan oleh teknik yang salah dalam bermain gitar sehingga nada-nada yang dihasilkan dari petikan alat musik gitar yang dimainkan tidak sempurna sehingga anda perlu melakukan latihan ulang yang lebih intensif untuk dapat menguasainya terutama untuk menguasai lagu tertentu yang memang memerlukan keterampilan dalam bermain gitar.

Tips Mempelajari Kunci Gitar Untuk Pemula

Perkembangan dunia musik saat ini memang menuntut kita untuk selalu update agar tidak ketinggalan jaman. Keberadaan gitar di tengah masyarakat memang merupakan suatu hal yang umum karena alat musik ini memang sudah ada sejak dahulu kala dan juga sudah banyak orang yang bisa untuk memainkan alat musik berdawai ini. Untuk dapat mempelajari kunci gitar dengan baik ada baiknya jika anda mencari informasi terlebih dahulu mengenai gitar terutama kunci gitar apa saja yang dapat anda mainkan terutama kunci gitar yang memang diperuntukkan bagi seorang pemula.

Bagi anda yang memang pemula dalam bermain gitar anda tidak perlu minder ataupun malu karena memang belajar mengenai sesuatu hal yang baru bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan kekuatan tekad dan semangat yang besar dalam belajar kunci gitar agar anda dapat menguasai alat musik gitar ini dengan maksimal.

Tips yang pertama yang dapat anda lakukan untuk dapat menguasai salah satu alat musik adalah anda harus mempunyai alat musik gitar. Hal ini memang sangat vital karena jika anda tidak mempunyai alat musik tersebut maka bagaimana anda akan dapat belajar bermain gitar. Usahakan anda mempunyai alat musik gitar sendiri dan jangan pinjam dari teman atau kerabat terdekat.

Hal ini bertujuan agar anda dapat memainkan alat musik tersebut secara kontinyu dan teratur sehingga anda dapat menguasainya dalam waktu yang singkat. Jika anda meminjam alat musik tersebut dari teman atau kerabat dikhawatirkan anda tidak akan dapat mempelajari kunci gitar secara teratur sehingga anda tidak akan dapat menguasainya dengan baik. Usahakan belilah alat musik gitar akustik terlebih dahulu dan usahakan juga menggunakan gitar akustik dengan senar string.

Penggunaan gitar akustik sebagai teman dalam bermain gitar akan membuat anda lebih peka terhadap nada yang dihasilkan oleh alat musik tersebut sehingga nantinya anda dapat dengan mudah membedakan bunyi nada dari masing-masing kunci gitar. Tips yang kedua adalah berlatih untuk menguasai kunci-kunci dasar dalam gitar.

Untuk berlatih kunci dasar ini memang perlu mentor yang dapat melatih anda sehingga anda dapat bermain gitar dengan lebih cepat. Minta tolonglah kepada teman atau kerabat yang memang sudah mahir dalam bermain gitar untuk mengajari anda dalam menguasai kunci dasar.

Jika tidak mendapatkan mentor tersebut, anda sebenarnya juga dapat menguasai kunci dasar tersebut secara otodidak. Namun memang untuk cara otodidak ini diperlukan waktu dan usaha yang lebih keras jika dibandingkan anda belajar dengan ditemani oleh seorang mentor. Pelajarilah beberapa kunci dasar seperti C, D, Am, F, G, Dm, dan Em. Kunci dasar tersebut merupakan beberapa contoh kunci dasar yang memang sering digunakan untuk mengiringi lagu sehingga jika anda dapat menguasai kunci tersebut maka anda akan dapat menguasai kunci lainnya dengan lebih mudah.

Agar dapat menguasai kunci dasar tersebut dalam waktu yang singkat, maka anda harus melakukan penjadwalan dalam bermain gitar agar waktu yang anda gunakan untuk berlatih tersebut dapat digunakan secara maksimal. Sebagai contoh, pada hari ini anda harus dapat menguasai kunci C dengan baik maka pada hari itu anda hanya belajar bagaimana posisi letak jari untuk membuat kunci C dan bagaimana cara memetiknya. Jika dirasa telah menguasai kunci tersebut dengan baik, anda dapat menguasai kunci dasar lainnya pada hari berikutnya dengan cara yang sama seperti kunci C dan begitu seterusnya.

Jika telah menguasai kesemua kunci tersebut, anda perlu berlatih bagaimana cara perpindahan antara kunci dasar yang satu ke kunci lainnya. Untuk tahap ini memang sangat sulit untuk dilakukan terutama bagi seorang pemula. Tips yang ketiga berguna sekali untuk dapat menguasai perpindahan kunci tersebut sehingga dapat mahir dalam belajar gitar. Tips yang ketiga adalah berlatih dengan menggunakan lagu-lagu yang terdiri dari kunci dasar sebagai metode untuk dapat menguasai perpindahan kunci dasar dengan baik.

Pelajarilah beberapa lagu dengan diiringi kunci dasar yang telah anda kuasai sebelumnya dan lakukan hal tersebut secara teratur sehingga jari anda menjadi lemas dan terampil dalam melakukan perpindahan kunci. Jika sudah menguasai lagu tersebut dengan baik, anda dapat mencari lagu lainnya yang memiliki tingkatan yang lebih sulit sehingga secara bertahap akan dapat menguasai kunci gitar dengan mahir. Ketiga tips tersebut memang sebaiknya anda terapkan dengan baik jika anda memang ingin mahir dalam bermain gitar.

Cara Menyetel Gitar Yang Baik Dan Benar Dalam Mempelajari Kunci Gitar

Jika sudah menguasai kunci dasar yang terdapat pada banyak lagu, maka dapat dikatakan bahwa anda sudah dapa bermain gitar dengan baik. Namun, perlu anda ketahui bahwa nada yang dihasilkan dari kunci dasar tersebut berasal dari petikan senar yang terdapat di dalam alat musik gitar.

Masing-masing senar tersebut memiliki nada yang berbeda satu sama lain sehingga anda harus dapat menyetel gitar agar dapat belajar gitar dengan baik. Hal itu dikarenakan jika anda memainkan kunci dasar pada posisi jari yang tepat namun nada yang dihasilkan berbeda dari nada kunci gitar yang seharusnya maka dimungkinkan bahwa alat musik gitar tersebut false sehingga perlu disetel.

Untuk dapat menyetel gitar memang diperlukan kepekaan nada yang tinggi sehingga anda tidak salah dalam menentukan kunci gitar. Prinsip penyetelan ini sebenarnya terletak pada persamaan bunyi nada pada beberapa senar tertentu yang ada pada alat musik gitar.

Langkah pertama adalah dengan memetik senar paling bawah (nomor 1) dan aturlah sedemikian rupa senar tersebut dengan kekencangan sesuai dengan yang anda inginkan. Selanjutnya, anda harus menyamakan nada antara senar nomor 2 dengan menekan kolom 5 dengan senar nomor 1. Petiklah senar nomor 2 tanpa ditekan dan samakan dengan senar dengan nomor 1.

Lalu, petiklah senar nomor 3 dengan menekan kolom 4 dan samakan nadanya dengan senar nomor 2 tanpa adanya tekanan dari jari anda. Kemudian, samakan bunyi nada antara senar nomor 4 dengan menekan kolom 5 dengan senar nomor 4 tanpa adanya tekanan.

Langkah selanjutnya adalah menyamakan nada antara senar nomor 5 dengan menekan kolom 5 dengan senar nomor 4 tanpa adanya tekanan dan langkah terakhir adalah dengan menyamakan nada antara senar nomor 6 dengan menekan kolom 5 dengan senar nomor 5 tanpa adanya tekanan. Jika kesemua langkah tersebut sudah anda lakukan dengan benar, anda dapat mencobanya untuk mengiringi lagu.

Jika dirasa masih fals maka kemungkinan besar nada pada suatu senar tersebut masih ada yang kurang pas sehingga perlu disetel ulang. Lakukanlah hal tersebut dengan baik agar anda dapat mempelajari kunci gitar dengan lebih mudah dan dapat menguasai alat musik gitar dengan lebih maksimal.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibu Guru Pasti Meleleh, Ini Puisi Hari Guru Nasional Berbagai Macam Peralatan Kantor Serta Fungsinya