Tips Menata Rambut Agar Tetap Terlihat Cantik

Menata rambut menjadi kegiatan mengasyikkan jika memiliki rambut yang sehat dan panjang. Rambut panjang paling mudah untuk dikreasikan. Mulai dari mengucir, di konde, sampai di kepang. Bukan berarti rambut pendek tidak bisa di kreasi.

Rambut pendek tetap bisa ditata sedemikian rupa dan tetap kelihatan cantik tentunya. Rambut pendek mulai bisa di jepit menggunakan penjepit rambut, bisa juga di kucir. Semua tergantung keinginan dan kreatifitas kita. Bukan berarti berambut pendek tidak bisa di tata.

Kenali Karakter Rambut

Menata rambut tidak boleh sembarangan. Menata rambut ternyata membutuhkan keterampilan tersendiri. Rambut sebagai mahkota, terutama bagi wanita. Rambut semakin mendukung dan mempercantik penampilan kita. Penataan rambut yang salah akan mengakibatkan penampilan juga salah. Misalnya terlihat lebih tua atau terlihat terlalu muda dan seperti anak-anak.

Dalam penataan rambut kita harus mengenali terlebih dahulu karakter rambut kita. Apakah tipe rambut yang lurus dan klemir, atau rambut yang mengembang, keriting, berombak atau krebo.

Mengenali tipe dan jenis rambut berarti membuat kita sadar diri, tidak memaksakan untuk gaya ini dan itu. Banyak dari sebagian kita terlena dengan kecantikan oranglain, menjadikan kecantikan oranglain sebagai ukuran kecantikan pada diri sendiri. Bukankah seperti itu?. walhasil, kita mengikuti gaya mereka. Padahal sebenarnya gaya tersebut jauh tidak cocok dengan karakter/jenis rambut dan bentuk wajah.

Banyak pula mereka yang berambut bergelombang dan keriting memaksakan untuk meluruskan rambut. Padahal Tuhan memberikan rambut keriting, lurus, ikal dan krebo adalah ciptaan terbaik. Belum tentu orang yang berambut krebo saat diluruskan terlihat menarik. Tidak ada jamanan untuk hal itu!.

Kreatifitas Dalam Menata Rambut

Kecantikan rambut bukan terletak dari bawaan rambut kita. Tetapi dari kemampuan kita untuk mengkreasikannya. Rambut keriting sekalipun jika bisa menata rambutnya dengan tepat, maka akan menghasilan tampilan yang tepat dan menarik juga. Bahkan mereka yang tidak memiliki rambut pun juga tetap bisa tampil dengan rambut lebat jika mau, misalnya memakai wig. Seharusnya hidup itu mudah, banyak pilihan untuk menciptakan kita tampil cantik.

Tetapi seringkali kebanyakan dari kita terlalu fokus pada kecantikan orang lain, sehingga lupa melihat kecantikan pada diri sendiri. Bahkan kecantikan diri sendiri jauh lebih banyak dan lebih potensial jika bersedia memikirkannya. Sayangnya terlanjur memikirkan oranglain secara lebih.

Salah satu keindahan, kecantikan dan daya tarik menata rambut adalah kesederhanaan dan tidak berlebihan. Perhatikan feshion show model yang jalan di panggung, kita akan temukan banyak model yang rambutnya ditata sedemikian rupa.

Sebagai orang awam melihatnya terkesan aneh dan terkesan berlebihan. Sebaliknya, orang-orang yang sederhana dalam menata rambutnya justru lebih terlihat menarik dan semakin memperlihatkan keeleganan seseorang bukan?. Itulah, apapun bentuknya yang berlebihan selalu tidak baik.

Menata Rambut Agar Terlihat Lebih Menarik

Wanita adalah seorang yang diciptakan Tuhan dengan segala pernak-pernik keindahan yang luar biasa. Salah satunya rambut. Banyak para wanita memanfaatkan penampilan agar menunjang penampilannya lebih menarik dan lebih elegan.

Demi mencapai itu semua, ada sebagian merelakan pergi ke salon, ada pula yang bisa melakukannya sendiri dirumah. Berikut ada beberapa penataan rambut yang dijamin akan menunjang penampilan yang lebih menarik.

Pernah dengar Top Knot? Syarat penataan top knot ini harus memiliki rambut panjang. Pertama kali yang harus dilakkukan tentu saja dengan menyisir terlebih dahulu. Kemudian ikat rambut lebih keatas, kemudian putar rambut menyerupai konde, terakhir segera jepit rambut tersebut.

Menata Rambut Pendek Dan Panjang

Jika memiliki rambut pendek, bisa juga mengkrekasikan dengan cara menjepit denga penjepit polos hitam. Gunakan penjepit polos berbentuk X di sisi kanan dan kiri dekat telingga. Coba mengaca di depan cermin, pasti akan terlihat lebih cantik. Atau bisa juga dengan cara menarik rambut bagian depan ke belakang, kemudian jepit deh di belakang memakai penjepit rambut polos.

Jika rambutnya tergolong panjang rapi cara ini cukup manis. Jika rambut bergelombang dan mengembang bisa dengan cara menjepit bagian samping kanan kiri, dengan menarik rambut depan ke belakang. Sehingga terkesan rambut menjadi lebih ramping dan tidak terlihat begitu mengembang.

Cara Merawat Rambut Ikal

Bagaimana menata rambut ikal? Jangan perlu khawatir, rambut ikal juga tetap bisa tampil cantik. Tidak perlu lagi setiap waktu dibinggungkan dengan ribonding dan di blow.

Bagi yang memiliki rambut ikal, jangan tergiur memiliki rambut lurus bak sapu lidi itu. Rambut ikal yang kamu miliki sekarang ini sudah tampilan paling baik dan paling cantik dari Tuhan. Tidak ada orang jelek atau orang cantik.

Orang jelek dan orang cantik itu ada karena diciptakan oleh manusia. Manusialah yang menciptakan “stigma” dan “sebutan” cantik, buruk, jelek dsb tersebut. Nah berikuat adalah tips merawat rambut ikal agar tetap keren dan manis ;

Pertama, gunakan masker pelembab, agar rambut lebih terlihat sehat. Kemudian selesai keramas membiarkan rambut setengah kering. Kemudian sisir rambut. Tujuan, ketika rambut stengah kering rambut tidak terlalu kaku. Saat kramas, pastikan setelah itu untuk mengenakan konditioner.

Konditioner membantu dalam melembabkan rambut. Perlu digaris bawahi, shampo sebagai sabun pembersih rambut, namun bisa juga bersifat merusak rambut itu sendiri. Karena sampo memiliki 100% sulfat yang mengandum garam dan diterjen.

Kedua, jangan terlalu sering menggunakan gel, hairsprey dan mousses yang memiliki kandungan alkohol tinggi. Meskipun berfungsi sebagai pelembab, jika terlalu sering digunakan justru pelembab ini mampu menyerap kelembaban alami pada rambut itu sendiri.

Bahkan saat mengeringkan rambut, usahakan jangan mengenakan kain dari terry. Karena tekstur yang kasar akan memberikan gesekan pada rambut itu sendiri. Gunakan kain berbahan microfiber yang lebih lembut.

Ketiga, kali ini berlaku untuk semua jenis rambut. Saat menata rambut atau seusai keramas pastikan jangan keseringan menggunakan flat iron. Rambut yang terpapar panas lebih dari 400 drajat celcius seperti flat iron justru akan menyerap protein yang dihasilkan oleh rambut secara alami.

Inilah beberapa cara menata rambut dan tips menjaga rambut. Perlu diperhatikan yang lainnya adalah, jangan terlalu kencang saat mengikat rambut. Rambut yang terlalu kencang diikat akan menyiksa rambut itu sendiri. Rambut terasa tertarik dan terasa sakit. Biasannya akan mengakibatkan sakit kepala. Jadi usahakan agar mengingatnya seperlunya.

Kunci selama menata rambut adalah ketelitian dan kesabaran. Apalagi jika menata rambut dengan tangan sendiri dan duduk di depan cermin seorang diri. Saat menata rambut, jika itu dalam bentuk ikatan, satu hal yang semakin memperlihatkan tampilan rambut justru semakin terlihat berantakan.

Menghindari rambut yang berantakan setelah di ikat, jangan terlalu lama dan jangan terlalu kencang. Menata rambut dapat pula dilakukan dengan cara menjepit menggunakan ikat rambut. Atau rambut konde dengan cara sederhana dan ditusuk oleh penusuk rambut, itu menghindari dari kerusakan. Demikian, semoga tulisan ini bermanfaat. Selamat mencoba.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.