Tips Menjaga Kebersihan Restoran Di Masa Pandemi

Tips menjaga kebersihan restoran di masa pandemi. Memiliki sebuah restoran atau bisnis kuliner menjadi cita – cita bagi beberapa orang. Namun beberapa waktu ini kita mendapatkan sebuah musibah yang menjadikan kita harus menyesuaikan diri lagi dengan keadaan yang cukup sulit. Di saat seperti ini kebersihan adalah salah satu daya tarik dan kelebihan utama.

Berikut ini kita akan membahas mengenai tips menjaga kebersihan di restoran dan industri makanan. Beberapa tips termasuk untuk tetap menjaga alat resto tetap aman digunakan sampai penggunaan berbagai perangkat pembantu lainnya. Artikel ini juga sangat cocok untuk masa – masa genting pandemi seperti sekarang ini.

Gunakan Alat Kebersihan Yang Efektif – Menjaga Kebersihan Restoran

Tips pertama adalah menggunakan alat yang benar – benar efektif dan efisien untuk digunakan. Kemudahan penggunaan, merupakan kebutuhan pokok utama. Beberapa set alat kebersihan bisa Anda gunakan.

Tambahan untuk sekarang ini Anda juga harus mempersiapkan beberapa alat untuk mensterilkan tempat, alat masak dan makan, serta barang yang sering disentuh oleh para pelanggan. Beberapa contoh alat kebersihan efektif adalah sebagai berikut:

  • Beberapa disinfektan
  • Pembersih kaca dan gelas
  • Lap lembut
  • Sarung tangan makanan
  • Pembersih stainless steel
  • Alat pencuci tangan (sabun, soap dispenser, dan sebagainya)
  • Vacuum cleaner, sapu, kain pel untuk membersihkan lantai (gunakan yang paling efektif untuk Anda)

Sirkulasi Udara Yang Maksimal

Beberapa hal yang sering terlupakan dari sebuah restoran, bisnis kuliner, dan berbagai bisnis lainnya adalah sirkulasi udara. Memaksimalkan sirkulasi udara di restoran adalah hal penting terutama untuk sebuah dapur restoran yang sangat sibuk. Di dalam dapur terdapat berbagai bahan makanan yang bisa basi dengan cepat jika kita tidak mengatur perputaran udaranya.

Beberapa alat dan tool yang mungkin bisa tetap menjaga sirkulasi udara adalah kipas angin. Ada banyak jenis kipas angin industri yang khusus untuk dibuat dengan baik untuk tujuan ini. Mungkin bisa cek pilihan harga kipas angin krisbow, sebagai salah satu contoh penggunaannya.

Pastikan memilih kipas angin yang mampu mengeluarkan dan memasukan udara dari luar ruangan agar, dapur bisa tetap memiliki udara yang sehat. Ini juga prinsip dan tips untuk menjaga ruangan restoran bersih dan sehat.

Template Blogger Terbaik Rekomendasi

Bersihkan Tempat Yang Memiliki Lalu Lintas Padat Secara Berkala

Beberapa tempat seperti gagang pintu, meja, kursi, tempat kasir (jika ada), ataupun tempat – tempat yang sering menjadi lalu lintas para pengunjung lebih baik ditingkatkan skala kebersihannya. Kita bisa membersihkan 3 kali sehari atau bahkan lebih jika restoran sedang ramai.

Gunakan peralatan kebersihan seperti yang sudah dibahas di atas. Sebenarnya ini juga menjadi salah satu ironi adalah tentu masalah cost atau biaya kebersihan yang semakin membengkak. Untuk mengatasi hal ini kita bisa mengurangi dan membatasi titik lokasi fokus sterilisasi.

Manfaatkan Peralatan Safety Sesuai Protokol Kesehatan

Protokol kesehatan juga sebisa mungkin menjadi salah satu kewajiban utama saat memasuki restoran baik untuk pengunjung maupun karyawan sendiri. Beberapa peralatan yang bisa dimanfaatkan seperti masker, dan juga untuk keperluan dapur tambahkan face shield.

Berikan juga tempat khusus untuk mencuci tangan, tempatkan wastafel tambahan di beberapa tempat. Hal ini akan memberikan sedikit kesadaran lebih untuk para pengunjung dan juga pekerja yang ada di restoran.

  • Beberapa contoh perlengkapan protokol kesehatan yang bisa digunakan:
  • Tempat mencuci tangan (wastafel, beserta dengan soap dispenser)
  • Face shield dan masker
  • Kaos tangan memasak untuk menjaga makanan tetap bersih

Kesimpulan

Di masa pandemi ini kita harus pandai – pandai menyesuaikan diri dengan keadaan. Dengan beberapa tips kebersihan yang ada di atas mungkin Anda bisa tetap menjalankan bisnis kuliner dan restoran agar tetap bertahan di masa yang sulit. Intinya tetap gunakan protokol kesehatan dan taati peraturan yang ada untuk saling menjaga. Terima kasih semoga informasi ini bermanfaat.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.