Tips Sukses Berlebaran Walau Tanpa THR

Tips sukses berlebaran walau tanpa THR. Menyambut datangnya lebaran, nggak semua orang menikmati THR. Pengusaha, pedagang, juga pegawai tidak tetap merupakan beberapa contoh professional yang tidak mendapat THR.

Nah buat yang juga termasuk dalam golongan tersebut nggak perlu khawatir, karena lebaran juga bisa sukses walau tanpa THR dengan mengikuti beberapa tips ini:

Siapkan THR-mu Sendiri – Sukses Berlebaran

Hal ini haruslah dipersiapkan sejak jauh hari. Dengan memiliki anggaran perencanaan lebaran sejak satu tahun sebelumnya, kamu bisa mulai menyisihkan sedikit pengeluaranmu tiap bulan untuk berlebaran di tahun berikutnya. Investasinya pun bisa dalam bentuk apa pun, selama bisa dipastikan simpanan aman dan tidak tersentuh.

Manfaatkan Dana Ekstra

Manfaatkan dana ekstra untuk pembayaran ini-itu bagi persiapan lebaran nanti. Tapi ingat, jangan berlebihan dan sesuaikan dengan kebutuhan. Karena kebutuhan akan terus berjalan di bulan berikutnya.

Teliti, Tunda Dan Berhemat

Jika persiapan THR sendiri dan dana ekstra belum tersedia, kamu pun nggak perlu terlampau panik. Jangan karena nggak punya anggaran beli baju baru atau kue lebaran lantas kamu bersedih hati. Yang perlu kamu lakukan adalah hal berikut ini:

  1. Prioritaskan kebutuhan utama. Ingat, sisihkan kewajiban berzakat dan utamakan untuk biaya makan dan kebutuhan penting lainnya dengan lebih berkencang pinggang.
  2. Jangan mudah tergoda. Hanya karena orang lain membeli segala sesuatu yang baru, bukan berarti kamu juga menuntut dirimu untuk itu. Manfaatkan dulu yang ada, dan pikirkan kebutuhannya jika merasa perlu membeli sesuatu.
  3. Tunda yang bisa ditunda. Kamu bisa menunda jadwal mudik, atau sama sekali tidak mudik untuk persiapan lebih baik di tahun berikutnya. Penuh persiapan lebih baik daripada memaksakan diri kan?
  4. Hemat. Jika ada (sedikit) dana lebih dan berniat menyiapkan sajian lebaran, cobalah buat sendiri dengan lebih sederhana. Atau jika ingin beli baju, tapi yang lama masih bagus, maka manfaatkanlah.

Hindari Pinjaman Atau Menggunakan Kartu Kredit

Meskipun terasa menggiurkan, mengadakan pinjaman hanya untuk memenuhi kebutuhan lebaran pastilah memberatkan bulan-bulan berikutnya. Jika pun merasa sangat perlu, pastikan bulan depan anggaranmu tidak terganggu untuk membayar tagihannya.

Jadi, atur-atur pengeluaran seadanya dan tetaplah bersyukur, karena esensi lebaran yang terpenting adalah kemenangan dan fitrah Bulan Ramadan. Semoga bermanfaat.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibu Guru Pasti Meleleh, Ini Puisi Hari Guru Nasional Berbagai Macam Peralatan Kantor Serta Fungsinya