Ulasan, Jenis Dan Inspirasi Naskah Drama Lucu

Anda tentu kenal Sule, Andre Taulany, Parto, Aziz Gagap, Nunung, dan kawan-kawannya. Mereka setiap hari mengocok perut kita lewat tayangan Opera Van Java yang ditayangkan Trans7. Acara tersebut berasal dari sebuah naskah drama lucu yang ditampilkan secara lucu juga. Jauh sebelumnya, kita juga pernah disuguhi tayangan Extravaganza yang setia mengocok perut pemirsa TransTV.

Acara televisi yang lekat dengan unsur komedi tersebut kemudian melahirkan artis-artis besar yang lekat dengan kesan lucu seperti Aming, Tora Sudiro, Tike Priyatnakusumah, Indra Birowo dan lain-lain. Tentu mereka adalah pribadi-pribadi yang pada dasarnya dianugerahi kemampuan melawak atau membawakan karakter lucu. Namun tak dapat dipungkiri bahwa kelucuan seorang komedian atau seseorang yang tampil di acara komedi juga didukung oleh kekuatan naskah drama komedi yang mereka mainkan.

Naskah Drama Lucu – Jenis-jenis Drama Lucu

Opera Van Java dan Extravaganza merupakan contoh acara televisi yang dikemas sebagai drama komedi yang menghadirkan dialog lucu, mimik wajah yang lucu serta adegan-adegan lucu yang memancing tawa penonton. Drama komedi sendiri terbagi dalam beberapa jenis, antara lain sebagai berikut :

1. Drama Komedi Situasi

Adalah sebuah suguhan komedi yang kelucuannya terbangun dari situasi cerita, bukan dari karakter pemainnya. Situasi lucu yang terjadi merupakan hasil rekayasa melalui naskah drama lucu yang dibuat oleh penulis naskah drama komedi sitausi tersebut.

2. Komedi Slapstick

Adalah suguhan komedi yang menghadirkan kelucuan melalui adegan-adegan yang cenderung menyakiti para pemainnya. Seperti halnya komedi situasi, komedi slapstic pun harus dipersiapkan dengan baik melalui penulisan sebuah naskah drama lucu sehingga kelucuan yang tercipta memiliki kesan natural dan tidak dipasakan alias garing.

Dalam naskah drama lucu, komedi slapstic dapat dimunculkan dalam adegan aksi menggoda yang dilakukan oleh para murid sebuah sekolah dengan obyek penderita seorang murid bertampang culun. Misalkan saja si culun dilempari kertas, mendadak dikagetkan atau dijegal hingga jatuh. Meskipun menyakitkan bagisi pemain, namun adegan tersebut merupakan contoh paling mudah untuk memancing tawa.

3. Komedi Satire

Adalah suguhan komedi yang penuh sindiran tajam. Tidak mudah membuat naskah drama komedi satire. Si penulis tidak hanya dituntut untuk menulis naskah drama lucu yang mampu mengocok perut penonton. Namun ia juga harus cerdas menerjemahkan situasi terkini yang terjadi di lingkungan masyarakat, baik menyangkut tatanan social, issu politik, kondisi ekonomi bangsa dan lain-lain. Contoh tayangan televise dalam kategori ini adalah Democrazy dan Sentilan Sentilun yang ditayangkan di stasiun Metro TV.

4. Komedi Farce

Adalah suguhan komedi berupa dan gerakan-gerakan dan adegan lucu yang dilakukan para pemainnya. Drama komedi jenis ini juga perlu dipersiapkan dengan baik melalui sebuah naskah drama lucu sehingga setiap adegan yang terjadi memiliki konsep penyajian yang baik dan kelucuan yang tercipta tidak garing. Opera van Java bisa dikategorikan dalam komedi Farce.

Acara komedi didukung oleh naskah drama lucu yang bagusSebelum disajikan untuk menghibur penonton, tim kreatif dari berbagai acara komedi yang ditayangkan di televisi tentulah menyiapkan sebuah naskah drama komedi atau naskah drama lucu untuk mencapai tujuan menghibur penonton melalui adegan lucu dan dialog-dialog yang sanggup mengocok perut penonton.

Dalam menulis naskah drama lucu, tentu para penulis harus memperhatikan prinsip-prinsip penulisan drama yang sudah jamak dilakukan. Drama sendiri merupakan sebuah konsep pertunjukan yang disajikan di atas panggung, televisi, atau media lainnya. Drama memiliki beberapa elemen yang harus ada, yaitu naskah drama yang berisi tema cerita dan rincian adegan, alur, pemain yang terdiri dari aktris dan aktor, tempat pertunjukan, bisa di atas panggung teater atau set studio, pesan moral yang disampaikan melalui drama tersebut, dan juga penonton.

Untuk sebuah drama komedi tentu dibutuhkan sebuah naskah drama lucu. Drama komedi yang baik pastilah memiliki naskah drama lucu yang baik pula. Selucu apa pun si pemain drama komedi, namun jika tidak didukung oleh naskah drama lucu yang baik tentu akan menghasilkan kelucuan yang dipaksakan, atau garing menurut istilah zaman sekarang.

Bukannya memancing tawa, salah-salah drama komedi yang disajikan justru memancing emosi penonton dan berbuah lemparan sandal. Nah lho.. siapa yang mau tanggung jawab? Tentu Anda masih ingat ketika Yuni Shara marah terhadap Olga Syahputra pada program komedi Facebookers yang ditayangkan stasiun televisi Anteve. Olga yang merupakan pemain tetap tayangan komedi Pacebookers kerapkali melontarkan guyonan, yang pastinya tidak tertulis dalam naskah drama lucu tersebut.

Menurut Yuni Shara yang merupakan kekasih Raffi Ahmad yang juga bermain dalam tayangan Facebookers, Olga sering melontarkan guyonan yang menyinggung perasaannya. Oleh karena itu, pada sebuah episode, Yuni hadir untuk memberikan “pelajaran” pada kelakukan Olga yang dinilai tidak sopan. Dari kejadian tersebut kita bisa menarik kesimpulan bahwa naskah drama lucu harus bisa memberikan batasan tema untuk para pemainnya.

Naskah drama lucu harus menjadi patokan setiap pemain dalam mengeluarkan kata-kata lucu, melakukan adegan lucu yang tidak menyakiti lawan main, dan juga tidak mengeluarkan statement lucu yang dapat menyinggung pihak-pihak tertentu. Hal tersebut tentutlah menjadi tantangan berat bagi tim kreatif yang bertugas mempersiapkan naskah drama lucu tapi tetap dengan kelucuan yang bisa dipertanggungjawabkan.

Memang tak banyak comedian di Indonesia yang memiliki kualitas kelucuan baik. Mayoritas dari mereka masih tergantung pada naskah drama lucu yang diberikan oleh tim kreatif dari drama komedi yang dimainkan. Meskipun melibatkan para pemain yang kelucuannya tidak diragukan lagi, namun jika naskah drama lucunya garing, maka situasi dan adegan komedi tidak akan mampu tercipta dengan baik.

Inspirasi Untuk Naskah Drama Lucu

Dari mana kita bisa mendapatkan inspirasi untuk menulis naskah drama lucu? Inspirasi naskah drama lucu bisa kita dapatkan dari mana saja, termasuk dari kejadian di sekitar kita. Bagi seseorang yang memiliki kepekaan tertentu dan didukung dengan kreativitas yang tinggi, kejadian sehari-hari dapat menjadi bahan yang menarik untuk menulis naskah drama lucu.

Selain dari kejadian sehari-hari, kita juga bisa mengambil inspirasi dari membaca buku humor, kumpulan naskah drama atau dogeng legenda. Kisah legenda atau dongeng, juga sudah banyak diadaptasi ke dalam bentuk naskah drama lucu yang mampu menghibur penontonnya. Misalkan saja cerita Bawang Merah – Bawang Putih.

Kisah ini sudah diadaptasi dalam berbagai versi naskah drama lucu dengan mengubah beberapa elemen cerita. Contoh paling sederhana adalah dengan menambahkan tokoh Bawang Bombay atau Bawang Goreng dan lain sebagainya. Kisah Cinderella juga sering diparodikan dengan berbagai versi naskah drama lucu. Kelucuan tak hanya dibangun dari dialog, namun bisa juga dari para pemainnya, yang bisa saja dimainkan oleh laki-laki semuanya. Tentu akan sangat menarik dan lucu, jika Cinderella yang cantik diperankan oleh seorang pria, misalkan saja seperti Sule.

Dari penokohan pun sudah dapat dipastikan penontom akan tertawa terbahak-bahak dengan karakter Cinderella ala Sule. Nah, apakah anda sudah mendapat ide untuk menulis naskah drama lucu? Jika belum silakan mengeksplorasi kejadian di sekitar atau rajinlah membaca buku.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.