Website Adalah, Simak Pengertian hingga Manfaatnya Disini!

Website adalah, simak pengertian hingga manfaatnya disini! Di zaman serba internet seperti sekarang ini, peran website selalu melekat pada kehidupan sehari-hari, bahkan saat ini jumlah website telah mencapai lebih dari 1,9 miliar di dunia. Sementara akan terus berkembang mengingat pengguna dan jenis website yang juga terus bertambah.

Yang awalnya untuk keperluan pribadi, hingga saat ini terus berkembang untuk kepentingan yang lebih kompleks. Bahkan, hampir semua perusahaan dan bisnis memiliki website sebagai sarana digital marketing dan branding.

Setelah terbiasa menggunakan website baik sebagai pemilik atau pengunjung, tahukah Anda apa yang sebenarnya disebut dengan website? Simak pengertiannya dan berbagai informasi seputar website berikut ini.

Website Adalah

Pengertian Website Adalah

Seiring dengan perkembangan internet dan teknologi, hampir semua orang mengakses internet setiap harinya melalui berbagai perangkat. Mulai dari smartphone, PC dan lainnya. Dan website merupakan salah satu media yang sangat sering diakses oleh pengguna untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan.

Lantas apa yang dimaksud dengan website itu sendiri? Website adalah sekumpulan halaman atau site yang saling berhubungan menjadi satu domain tertentu yang pada umumnya dimiliki oleh orang pribadi atau organisasi tertentu seperti perusahaan, kelompok, industri atau pelaku usaha tertentu.

Dalam halaman web tersebut memuat informasi yang berupa video, teks, gambar atau format yang lainnya dengan tujuan tertentu. Di mana tujuan dari konten tersebut berkaitan dengan jenis website itu sendiri.

Dalam sebuah website terdapat halaman utama yang disebut homepage, akan tetapi terdapat juga beberapa halaman lain yang memiliki tujuan masing-masing dan tetap saling berhubungan.

Untuk mengakses sebuah website juga cukup mudah, Anda hanya perlu menggunakan browser kesayangan kemudian menuliskan URL pada kotak pencarian. Sebagai contoh Anda ingin membuka Facebook, maka tulis saja facebook.com, maka Anda akan diarahkan langsung ke halaman website yang ingin dituju.

Jenis – Jenis Website

Pengertian dan Jenis - Jenis Website

Setelah mengetahui definisi dari website, tahukah Anda bahwa website terdiri dari beberapa jenis? Jika ditinjau dari sifatnya, website terdiri atas website dinamis, interaktif dan website statis.

Website dinamis yakni memuat konten yang berubah-ubah, sementara website statis memuat konten yang tetap dan website interaktif merupakan website yang memang diciptakan untuk berinteraksi, misalnya media sosial.

Sedangkan jika ditinjau dari tujuan penggunaannya, website dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yakni:

  • Website Pribadi, yakni sebuah website yang dimiliki oleh personal atau pribadi yang berisi konten untuk menyampaikan opini pribadi. Biasanya kalau website indonesia memakai domain id
  • Website Company Profile, website yang digunakan untuk menunjukkan citra suatu perusahaan dan hal yang berhubungan dengan perusahaan tersebut.
  • Website E-Commerce, website yang digunakan untuk menjalankan bisnis atau online shop.
  • Website Gallery, merupakan website yang kontennya berupa karya visual seperti video dan foto.
  • Website Komunitas, yakni website yang menjadi wadah berinteraksi para member di dalamnya.
  • Website berita, yakni website yang memberikan update berita terbaru dan populer saat itu.

Manfaat Website

Pengertian, Jenis dan manfaat Website

Tidak hanya sebagai pelengkap internet saja, namun website juga memiliki manfaat yang cukup penting bagi perkembangan teknologi dan informasi di dunia. Kira-kira apa saja manfaat dari website? Simak jawabannya berikut ini.

Sebagai Sarana Informasi

Website adalah sebuah kumpulan halaman web yang memuat informasi dan terkumpul dalam satu domain. Yang mana Anda dapat mengaksesnya sebagai sumber informasi tanpa terbatas oleh ruang dan waktu. Dengan kata lain, informasi dalam website dapat Anda akses di mana saja dan kapan saja.

Sebagai Sarana Penyaluran Pengalaman dan Bakat

Website juga bermanfaat sebagai media penyaluran bakat serta pengetahuan yang dimiliki. Misalnya membagikan bakat Anda dalam bernyanyi dengan video atau membagikan pengalaman Anda dalam berlibur keliling dunia dan lain sebagainya.

Penghasil Uang

Selain yang telah disebutkan sebelumnya, website juga bermanfaat sebagai sarana penghasil uang yakni Google AdSense, atau sebagai influencer yang akan mendapatkan penghasilan dari aktivitas iklan yang diperoleh.

Sebagai Platform Bisnis

Di dunia digital seperti saat ini, bisnis juga dapat dilakukan melalui website, bahkan terbilang cukup efektif dalam banyak hal. Website toko online juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis namun tidak memiliki toko offline.

Wadah Komunitas

Website juga bermanfaat sebagai media atau wadah untuk berbagai komunitas sesuai dengan hobi dan ketertarikan Anda.

Baca juga : SSL Indonesia untuk keamanan website

Memperluas Jangkauan Promosi

Baik untuk perusahaan maupun bisnis pribadi, website juga bermanfaat sebagai media promosi yang sangat efektif. Website dapat meningkat branding, memperluas jangkau promosi tanpa batas hingga meningkatkan kredibilitas perusahaan.

Mengakses Layanan Publik

Website bisa dimiliki oleh siapa saja, baik itu pribadi, instansi, hingga pelayanan umum seperti Bank, kantor polisi, rumah sakit, kantor pajak, sekolah dan lain sebagainya.

Dari penjelasan dan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa website adalah sekumpulan halaman web dalam satu domain yang dapat diakses dengan mudah melalui browser dengan URL yang tepat.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.