Yuk! Melakukan Pembibitan Jamur Tiram Di Rumah

Melakukan pembibitan jamur tiram di rumah. Jamur tiram, dikenal secara ilmiah sebagai Pleurotus ostreatus, yang populer dikonsumsi di seluruh dunia. Selain dipanen secara liar, jamur ini  juga dibudidayakan dan pembibitan jamur tiram dilakukan secara serius dalam pengemasan yang apik, serta sebagai pemasok kebutuhan jamur untuk toko atau grosir.

Jamur memiliki citarasa yang lezat, juga biasa digunakan untuk melengkapi berbagai makanan dengan rasa sedikit manis, dan rasa yang berhubung dengan wangi hutan hutan dalam aroma yang berbeda. Banyak orang yang baru belajar tentang jamur liar, merasa mudah menidentifikasi dan mencari jamur tiram karena jamur ini relatif mudah untuk diidentifikasi. Di alam liar, jamur tiram ditemukan tumbuh di batang-batang pohon kayu mati.

Jamur ini banyak tumbuh di daerah yang sedikit lemba, dan daerah beriklim sedang. Tanaman jamur ini banyak didistribusikan beberapa bagian Negara Amerika Serikat, Asia, dan Eropa. Jamur ini berwarna putih dengan tangkai sangat pendek dan cetakan spora putih.

Pembibitan jamur tiram di rumah -2

Jamur tiram biasanya ditemukan tumbuh dalam kelompok. Jamur tiram memiliki kemiripan dengan bentuk tiram maka dari itulah jamur ini  diberi nama sama. Jamur tiram juga sangat mudah untuk diolah dan dapat ditanam di lempeng kayu, kayu pohon, dan media pertumbuhan yang mengandung cukup selulosa.

Jamur tiram teksturnya sangat halus. Jika memilih jamur ini , jamur harus disimpan dalam kantong kertas di daerah yang sangat dingin dari kulkas dan digunakan dalam waktu satu waktu seminggu saja sebelum akhirnya harus dibuang karena mengalami pembusukan.

Jika membeli jamur ini  di toko, carilah spesimen tanpa jejak lendir atau sponginess, dan menyimpannya dengan hati-hati. Sadarilah bahwa jamur tiram basah cenderung memiliki tekstur kompleks, kenyal, sedangkan varietas musim semi lebih lembut.

Seperti halnya dengan jamur yang dapat dimakan, pemburu jamur berpengalaman harus selalu bepergian dengan orang-orang yang akrab dengan jamur tiram. Beberapa spesies jamur sangat mirip jamur tiram tapi bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada usus jika dimakan. Jika Anda tidak yakin tentang identifikasi jamur dan tidak ada yang dapat memverifikasinya, lebih baik buang jamur tersebut dan coba lagi lain waktu.

Jamur tiram bisa dibuat dalam bentuk sup, dicampur tomat. Bisa juga dibuat gorengan jamur krispi, dan bahkan jadi campuran pembuatan mie hijau. Jamur ini cukup renyah untuk digoreng, terutama jika ditambahkan menjelang full matang, dan akan menanamkan rasa halus yang dapat menambahkan dimensi baru ke piring.

Jamur tiram kering dapat digunakan dalam semur, pemuatan, dan hidangan lainnya yang memiliki waktu lebih lama memasak. Rebusan jamur dalam air mendidih cukup lima sampai 10 menit. Sisa cairan dapat ditambahkan dalam pembuatan sambel dan hidangan lainnya yang mungkin mendapat manfaat dari cairan rasa jamur.

Jamur Tiram Raja

Pembibitan jamur tiram di rumah -1

Adapula varietas dari jamur tiram, yang terkenal adalah jamur tiram raja. Berasal dari Mediterania dan sebagian Asia. Jamur tiram raja adalah spesies terbesar dari jamur dalam genus Pleurotus. Jamur ini mudah diidentifikasi karena bagian atas jamur berbentuk datar kecil dan batang gemuk tebal. Dan tentu saja bisa dimakan, jamur tiram raja bisa dibudidayakan serta tumbuh liar di halaman lembap.

Jenis jejamuran ini juga biasa digunakan dalam berbagai hidangan utama dan lauk pauk dan bahkan bisa diolah menjadi tumisan. Juga disebut jamur raja terompet, raja tiram kadang-kadang disebut dengan nama spesies, eryngii.

Batangnya  menyusun pada sebagian besar jamur tiram raja. Raja jamur ini dapat memiliki hingga 8 inci (20,3 cm), batangnya hampir selebar topi yang atas mereka. Topi tipis dan datar, menambahkan sedikit massa keseluruhan jamur ini. Batang yang tebal membutuhkan waktu lebih lama untuk diolah dibanding jika memasak spesies jamur kebanyakan.

Dan jamur tiram raja memiliki sangat sedikit rasa ketika mentah. Bila dimasak, bagaimanapun cara memasaknya, rasa asli jamur akan keluar. Meskipun jamur ini tidak selalu mudah ditemukan, di sebagian besar pasar Asia jamur ini marak dijual.

Dalam pembibitan jamur tiram raja, Anda perlu tahu bahwa umur penyimpanan jamur tiram raja lebih panjang daripada kebanyakan spesies jamur lainnya. Biasanya jamur memiliki umur simpan sekitar dua sampai tujuh hari rata-rata. Rata-rata umur simpan Jamur tiram raja, bagaimanapun, adalah sekitar sepuluh hari. Seperti semua jamur, jamur tiram ini harus disimpan dalam lemari es.

Jamur tiram raja adalah tambahan populer untuk makanan Asia, khususnya jika diolah dengan cara digoreng dengan tepung terigu. Jamur ini juga dapat ditambahkan ke semur, sup, tumis, dan saus, serta berbagai sayuran salad.

Biasanya dipotong memanjang, dan kemudian dapat dipotong menjadi potongan kecil bergantung pada ukuran jamur individu dan dalam apa hidangan yang mereka sedang digunakan.

Ketika jamur ini dikonsumsi sendiri atau sebagai topping untuk bistik atau iga bakar dan daging lainnya, jamur ini biasanya direndam sebelum dimasak. Bumbu umumnya terdiri atas minyak zaitun dan cuka serta berbagai bumbu, seperti bawang putih, merah. Jamur dapat direndam sebentar atau selama beberapa jam sebelum matang.

Jamur tiram raja biasanya di tumis bila tidak termasuk dalam hidangan lain. Menumis memasak potongan jamur dalam campuran mentega atau minyak sampai mereka agak kecokelatan. Memanggang potongan juga merupakan pilihan dan pengolahan ini bisa menambahkan rasa yang berbeda dengan jamur yang dimasak. Saat memanggang, potongan dapat dipotong menjadi potongan lebih besar daripada versi tumis.

Cara Menumbuhkan Jamur Tiram  Di Rumah

Pembibitan jamur tiram di rumah -3

Sebenarnya langkah-langkah rinci pada pembibitan jamur tiram  di rumah bergantung pada berbagai jamur, yang telah Anda telah memilih untuk tumbuh. Tujuan dasarnya adalah untuk memahami faktor-faktor pertumbuhan dan mempersiapkan media tumbuh. Jika Anda teliti dengan ini, lebih setengah dari pekerjaan Anda selesai. Informasi tentang bahan yang diperlukan dan prosedur untuk tumbuh jamur tiram  ruangan diberikan di bawah ini:

Perlengkapan yang dibutuhkan, agar bisa mengembangbiakkan jamur di pekarangan rumah, adalah sebagai berikut:

  • Spora jamur
  • Media tumbuh
  • Botol semprot air
  • Air bersih
  • Termometer Indoor

Prosedur Penumbuhan Jamur Tiram

1. Siapkan Kompos

Siapkan media tumbuh, sesuai petunjuk yang disediakan dalam kit. Anda hanya perlu mencampur bahan baku dan lembapkan dengan air. Jangan kelebihan air karena tidak diinginkan untuk perkecambahan spora jamur. Dalam kasus penanaman jamur tiram  dalam stoples, sangat ideal untuk mensterilkan media pertumbuhan di pressure cooker. Biarkan media untuk mendinginkan sebelum inokulasi spora.

2. Menyemai

Setelah mempersiapkan kompos dengan cermat, lanjutkan dengan menabur spora jamur tiram. Pilihannya bergantung pada yang Anda pilih. Tempatkan spora pada kedalaman tertentu. Anda dapat merujuk ke kit untuk kedalaman lebih, cara terbaik adalah untuk menjaga kit saat Anda melanjutkan langkah-langkah yang berurutan.

3. Tahap Tumbuh

Tempatkan botol spora yang diinokulasi di sudut dingin dan gelap rumah. Periksa dan atur suhu medium pertumbuhan dalam kisaran 60-70 derajat Fahrenheit. Dalam rangka mempertahankan kelembapan maksimum untuk tumbuh jamur, Anda dapat menempatkan sebuah panci air di dekat botol spora.

4. Panen

Dalam 6-8 minggu spora akan matang, beberapa jamur akan mulai bisa dipanen. Panen jamur sepenuhnya. Anda dapat memilih tanaman lebih lanjut setelah setiap minggu. Dari jamur yang dipanen setelah tanaman pertama disebut flushes. Bila Anda telah selesai memanen jamur tiram  (setelah sekitar satu bulan), buanglah isi media pertumbuhan dan mulai lagi dari awal.

Bagamana? Pembibitan jamur tiram ini cukup mudah, bukan?

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibu Guru Pasti Meleleh, Ini Puisi Hari Guru Nasional Berbagai Macam Peralatan Kantor Serta Fungsinya