Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Membuat Naskah Pidato Bahasa Inggris Dan Artinya, Yuk Belajar!

Membuat Naskah Pidato Bahasa Inggris Dan Artinya, Yuk Belajar!

Membuat Naskah Pidato Bahasa Inggris Dan Artinya, Yuk Belajar! – Pernahkah Anda ketika sekolah dulu mendapat tugas membuat sebuah naskah pidato bahasa Inggris dan artinya? Atau mungkin,baru beberapa hari yang lalu putra atau putri Anda meminta dibuatkan sebuah naskah pidato bahasa Inggris dan artinya untuk memenuhi tugas dari guru bahasa Inggrisnya di sekolah? Sulit! Mungkin pikiran itulah yang terlintas pertama kali.

Bagi Anda yang awam dengan bahasa Inggris, tentu membuat sebuah naskah pidato dalam bahasa Inggris menjadi sesuatu yang sulit dan rasanya mustahil Anda buat. Berbeda dengan Anda yang paham dan fasih berbahasa Inggris, tentu hal tersebut bukanlah sesuatu yang rumit. Pertanyaannya kini, apakah seseorang yang pandai dan fasih berbahasa Inggris akan pandai pula membuat naskah pidato bahasa Inggris dan artinya?

Berpidato adalah sebuah keterampilan berbicara, untuk menyampaikan suatu gagasan kepada orang lain secara langsung. Penyampaiannya harus tepat sasaran, menarik, dan komunikatif, dalam artinya mudah dipahami, sehingga gagasan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh pendengar.

Dalam menyusun naskah pidato, baik dalam bahasa Indonesia, bahasa Inggris, maupun bahasa lainnya, diperlukan suatu keterampilan khusus dalam menulis. Hal ini diperlukan untuk mengembangkan gagasan-gagasan, sehingga naskah yang kita buat tidak ngelantur dan tetap sesuai dengan tema yang ditentukan.

Misalnya, seseorang yang mendapat tugas untuk memberikan sambutan pada pesta ulang tahun, maka dia harus bisa membuat konsep naskah pidato tentang ulang tahun yang disesuaikan dengan umur orang yang berulang tahun, umur undangan yang hadir, dan tema acara. Begitu pula untuk menyusun naskah pidato bahasa Inggris dan artinya.

menyusun naskah pidato bahasa Inggris dan artinya

Adapun untuk membuat suatu naskah pidato bahasa Inggris dan artinya, tidak ada perbedaan dengan cara kita membuat sebuah naskah pidato dalam bahasa Indonesia. Berikut beberapa yang dapat kita lakukan untuk menyusun naskah pidato bahasa Inggris dan artinya.

1. Tentukan gagasan utama (tema) pidato. Langkah ini sangat penting dan harus dipahamai dengan baik, agar naskah pidato bahasa Inggris dan artinya yang Anda buat tidak ngelantur alias tetap berada sesuai tema yang diinginkan.

2. Buat kerangka pidato. Kerangka pidato terdiri dari tiga bagian utama, yaitu:

  • Pembukaan
  • Isi
  • Penutup

Hal penting yang tetap harus diperhatikan adalah membuat salam pembuka dan salam penutup. Kerangka pidato dibuat untuk memudahkan penyusunan naskah pidato bahasa Inggris dan artinya. Usahakan dalam satu paragraf terdiri dari satu kalimat utama dan minimal satu kalimat penjelas, agar masalah tidak terlalu melebar.

3. Susunlah naskah pidato bahasa Inggris dalam bahasa Indonesia terlebih dahulu, baru kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

4. Bagi Anda yang kemampuan berbahasa Inggrisnya masih kurang baik, sebaiknya meminta bantuan kepada orang lain yang lebih memahami bahasa Inggris. Hal ini dimaksudkan agar naskah pidato bahasa Inggris dan artinya sesuai (nyambung). Perlu diketahui pula bahwa dalam men-translate suatu bahasa, diperlukan suatu pemahaman maksud kalimat, bukan menerjemahkan kata per kata.

Untuk memudahkan Anda memahami dan membuat naskah pidato bahasa Inggris dan artinya, berikut ini penulis cantumkan contoh. Semoga dapat dijadikan referensi bagi Anda dalam menyusun naskah pidato bahasa Inggris dan artinya.

a. Tema: Pemanasan global

b. Kerangka karangan, yang terdiri atas:

1) Pembukaan, meliputi:

  • Salam pembuka
  • Ucapan terima kasih kepada tamu undangan
  • Kalimat pembuka berupa puji dan syukur kepada Tuhan

2) Isi, meliputi:

  • Latar belakang terjadinya pemanasan global
  • Masalah-masalah yang menyebabkan terjadinya pemanasan global
  • Pemecahan masalah terhadap pemanasan global.

3) Penutup, meliputi:

  • Kesimpulan
  • Salam penutup

Contoh Naskah Pidato Dalam Bahasa Indonesia

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak/Ibu…

Yang terhormat tamu undangan…

Hadirin sekalian…

Tidak ada kata yang lebih indah untuk diucapkan pada pagi ini, kecuali ungkapan rasa syukur dan doa kepada Allah Swt., karena berkat rahmat dan karunia-Nya, acara ini dapat dilaksanakan tanpa halangan dan hambatan apa pun.

Tidak lupa kita sampaikan shalawat dan salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw., yang telah mengubah budaya buruk menjadi budaya yang lebih baik, agar kita dapat meraih surga.

Saya mengucapkan terima kasih kepada pembawa acara, yang telah memberikan waktu kepada saya untuk berbicara di depan para audien.

Sebelum saya melanjutkan pidato saya, terlebih dahulu saya akan memperkenalkan diri. Nama saya, Arif Muhammad Akbar Mustagfirin. Saya kelas tiga di MI Assaidiyyah Cipanas.

Hadirin sekalian…

Dalam kesempatan yang baik ini, saya akan menyampaikan pidato dengan judul “Pemanasan Global”.

Mungkin kita pernah bertanya pada diri sendiri, mengapa iklim telah berubah, bencana dan fenomena alam sering terjadi? Cuaca menjadi kian panas, banjir, erosi, curahan gas alam dan curah hujan senantiasa berubah dan terjadi dari tahun ke tahun.

Kita harus menyadari, bahwa planet kita semakin rusak. Para ilmuwan menyebut hal ini dengan pemanasan global. Jadi apa itu pemanasan global?

Pemanasan global adalah penambahan suhu rata-rata permukaan bumi. Kita tentu saja masih ingat tahun 1977 di Amerika Serikat, banyak orang meninggal dunia karena kenaikan suhu mencapai 48oC. Pada tahun 2003, tepatnya di Eropa Selatan juga terjadi gelombang panas yang menyebabkan 35.000 orang meninggal dunia, dan masih banyak lagi. Mengapa ini bisa terjadi?

Hadirin yang berbahagia…

Sebuah organisasi di Amerika Serikat, yang bernama “Pusat Panel Perubahan Iklim”, menemukan sejenis gas rumah kaca adalah sumber dari pemanasan global. Perlu diketahui bahwa manusia merupakan penyumbang terbesar terjadinya pemanasan global. Sebagian besar efek rumah kaca adalah hasil pembakaran bahan bakar alat transportasi, pabrik modern, dan sumber listrik. Haruskah dunia segera berakhir?

Hadirin yang berbahagia…

Dunia belum berakhir, mari kita jaga planet kita sesegera mungkin. Mari kita kendalikan bumi ini agar aman. Pemanasan global sedang mengancam, tapi kita bisa mencegahnya.

Menurut para ilmuwan, ada beberapa cara untuk mencegah pemanasn global, yaitu:

  • Membatasi emisi karbondioksida, misalnya dengan cara berjalan kaki ke tempat yang dekat.
  • Menanam lebih banyak pohon, misalnya dengan mengikuti program menanam satu orang satu pohon.
  • Daur ulang dan gunakan kembali produk-produk barang bekas, misalnya kertas dan plastik.
  • Gunakan tranasportasi alternatif untuk mengurangi emisi gas karbondiksida, misalnya dengan bersepeda ke sekolah.
  • Mengurangi konsumsi danging, yaitu dengan memperbanyak konsumsi sayuran, dsb.

Hadirin sekalian……………

Perubahan iklim dapat dicegah, bukan dengan perkataan, melainkan dengan tindakan. Memang “mudah mengatakan, tetapi sulit untuk melakukan”. Namun, kita harus yakin bahwa bersama kita bisa melakukan apa pun.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada kekurangan. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Naskah Dalam Bahasa Inggris

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Honorable Mr./Mrs. ……

Excellency Mr./Mrs. ……

Ladies and Gentlemen …

Dear Brothers and Sisters ……

There is no more beautiful words to say in this bright morning except to thank and pray to Allah SWT, because of His mercies and blessing, everything can be perform without any troubles and obstacles.

And we never forget to convey sholawat and salam to our greatest prophet Muhammad SAW, who has changed the bad culture to be better in order to be able to enjoy God’s paradise.

I say thank you very much to the master of ceremony of having given me a time to speech in front of audiences. Before I continue my speech, I would like to introduce my self first. My name is Arif Muhammad Akbar Mustaghfirin. I am a third grader of MI Assa’idiyyah. My favorite lesson is English and Math.

Ladies and Gentlemen …

In this good chance I would like to give my speech under the title global warming ….

Ladies and Gentlemen…

Perhaps we ask to our selves, why the climate is not regulated nicely, natural disaster and natural phenomena increasingly happen. The day is hotter and hotter, flood, soil erosion, outpouring of natural gas and indefinite rain fall from year to year.

We have to realize that our planet is getting damage, the scientist often call it Global Warming. So, what is Global Warming?

Ladies and Gentlemen…

Global Warming is an average temperature rising of earth surface. We of course still remember on 1997 (nineteen ninety seven) in United State, many people were killed because of rising temperature reached 48oC (forty eight degrees) Celsius.

And on 2003 (two thousands and three) exactly at south Europe also had ever attacked by hot wave that causing 35.000 (thirty five thousands) people dead, and many others. Why can it happen?

An organization of United Nations called “Intergovernmental Panel of Climate Changes”, find some kind of the gas of the greenhouse are main source of Global Warming. And the men are the greatest contributor to create it. Most of the gases of the greenhouse are resulted of the burning fossil materials of transportation, modern factory and source of electrical power. Should the world be over?

Ladies and Gentlemen…

The world hasn’t been over yet, let’s keeps our planet well as soon as possible. Let’s restrain this earth in order to be safe. Global Warming is threatening. But we can prevent it. According to the scientist there are a ways to prevent Global Warming, such as:

  • Limit carbon dioxide emission for examples walking to the near places.
  • Plant more trees for examples following “One Man One Tree” Program.
  • Recycle and reuse, for examples recycling papers and reusing plastic shopping bag.
  • Using an alternate transportation to decrease carbon dioxide emission for examples using bicycle to go to school.
  • Reducing meat consumption for examples eating more vegetables instead meat.
  • And many others.

Ladies and Gentlemen…

The climate changes we can carry to the better by doing not by speaking. Like the wise words say, “it easy to say but very difficult to do”. We have to believe that together we can do anything.

That’s all what I can say for this time, thank you and have a nice day.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Naskah di atas adalah salah satu contoh pidato bahasa Inggris dan artinya yang dapat Anda jadikan acuan atau rujukan dalam membuat sebuah naskah pidato bahasa Inggris dan artinya. Semoga bermanfaat.

Ilustrasi pidato bahasa inggris dan artinya

Kamu mau mencoba untuk melakukan pidato bahasa Inggris dan artinya? Sebelum kamu mencoba melakukan pidato, tentu kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Di sini, kamu akan belajar tentang cara membuat pidato bahasa Inggris dan artinya.

Pengertian Pidato Bahasa Inggris dan Artinya

Pengertian Pidato Bahasa Inggris dan Artinya

Secara umum, pidato merupakan suatu ucapan yang disampaikan kepada orang lain dengan susunan kalimat yang baik. Adapun pidato bahasa Inggris adalah pidato yang disampaikan dengan menggunakan bahasa Inggris. Untuk orang-orang yang kurang memahami bahasa Inggris, dibuatlah pidato bahasa Inggris dan artinya. Pidato dalam bahasa Inggris disebut speech.

Pidato bahasa Inggris dapat dinyatakan dalam beragam acara. Untuk pelajar biasanya diadakan suatu lomba berpidato bahasa Inggris yang disebut Speech Contest. Tema yang disampaikan pun sangat beragam, seperti tema pendidikan, kesehatan, dan lingkungan. Selain dalam kegiatan lomba, pidato bahasa Inggris dan artinya dapat dilakukan dalam kegiatan sekolah. Misalnya, kegiatan perpisahan sekolah. Seseorang yang dianggap bisa mewakili siswa dapat menyampaikan pidato tersebut.

Tips dan Trik Membuat Pidato Bahasa Inggris dan Artinya

Tips dan Trik Membuat Pidato Bahasa Inggris dan Artinya

Bagi orang-orang yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik, tentu membuat pidato bahasa Inggris dan artinya tidaklah sulit. Namun, bagi orang-orang yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris pas-pasan, kegiatan membuat pidato bahasa Inggris dan artinya tentu dirasa cukup menyulitkan.

Sebenarnya, membuat pidato bahasa Inggris dan artinya tersebut tidaklah sesulit yang diperkirakan. Kegiatan ini tidak jauh berbeda dengan kegiatan menulis pidato dalam bahasa Indonesia. Jadi, bagi orang-orang yang terbiasa menulis pidato dalam bahasa Indonesia, membuat pidato bahasa Inggris dan artinya tentu akan dianggap mudah pula. Berikut ini beberapa tips dan trik berikut tentu dapat sedikit membantu kamu untuk membuat pidato bahasa Inggris dan artinya.

1. Tahap Persiapan Pidato Bahasa Inggris dan Artinya

Tahap persiapan dilakukan sebelum membuat naskah pidato bahasa Inggris dan artinya. Dalam tahap persiapan, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu. Hal-hal tersebut antara lain sebagai berikut.

  • Pendengar. Saat akan membuat pidato, kamu harus memerhatikan orang yang akan mendengar pidato yang akan kamu lakukan.
  • Waktu Penyampaian Pidato. Saat akan membuat naskah, kamu harus mengetahi alokasi waktu yang disediakan. Sesuaikan isi pidato dengan waktu tersebut.
  • Tujuan Penyampaian Pidato. Sebelum membuat pidato, tentukan terlebih dahulu tujuannya. Biasanya tujuan ini berkaitan dengan jenis acara saat pidato tersebut akan disampaikan.
  • Pengumpulan Bahan. Bahan yang diperlukan untuk membuat pidato dapat kamu cari dari beragam sumber, seperti buku, majalah, koran, atau internet. Carilah bahan-bahan yang dapat mendukung isi pidatomu. Untuk pidato bahasa Inggris ini, carilah bahan yang menggunakan bahasa Inggris pula.

2. Tahap Penulisan Pidato Bahasa Inggris dan Artinya

Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat menulis naskah pidato bahasa Inggris dan artinya.

  • Membuat Kerangka Penulisan. Secara umum, naskah pidato terdiri atas empat bagian, yaitu pembukaan (salam pembukaan), pendahuluan (garis-garis besar pidato), isi pidato, penutup (kesimpulan, saran, dan salam penutup). Pembuatan kerangka pidato akan mempermudah penulisan pidato secara keseluruhan. Untuk pidato berbahasa Inggris ini, kerangka pidato haruslah berbahasa Inggris pula.
  • Penulisan Naskah Pidato. Kamu dapat memulai menulis naskah pidato bahasa Inggris dan artinya berdasarkan kerangka pidato yang telah kamu buat sebelumnya. Perhatikanlah kata-kata yang kamu gunakan dalam naskah pidato. Pilihlah kata yang tepat dan mudah dimengerti oleh orang-orang yang akan mendengarkan pidatomu. Bahan-bahan yang telah kamu persiapkan sebelumnya tentu akan dapat membantu penulisan pidatomu.
  • Penggunaan Kamus Bahasa Inggris. Gunakan kamus bahasa Inggris untuk membantumu mencari kata-kata yang sesuai untuk kamu gunakan dalam naskah pidato ataupun dalam mengartikan kata-kata yang terdapat dalam bahan untuk pidato bahasa Inggris dan artinya.

Contoh Pidato Bahasa Inggris dan Artinya

Contoh Pidato Bahasa Inggris dan Artinya

Setelah kamu melakukan tahap persiapan dan penulisan, tentu kamu sudah memiliki pidato bahasa Inggris dan artinya. Berikut ini contoh pidato bahasa Inggris dan artinya dapat disampaikan dalam speech contest.

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Good afternoon,

Honorable all the juries and the committee of this English speech contest. First of all, let’s thank to Allah who has given us many many mercies and blessing so we can join this program without any troubles. Secondly, I would like to introduce myself. My name is …. I am a student of ….

Well, ladies and gentlemen, in this occasion I would like to tell you about “The Importance of Reading”.

I personally think that reading is a very important activity in our life. Why do I say so?

Firstly, by reading we can get a lot of knowledge about many things in the world such as Science, technology, sports, arts, culture, etc written in either books, magazine, newspaper, etc. Secondly, by reading we can get a lot of news and information about something happening in any parts of the world which we can’t see directly.

Another reason, reading can give us pleasure too. When we are tired, we read books, novel, comic, newspaper or magazine on the entertainment column such as comedy, short story, quiz, etc. To make us relaxed.

The last, reading can also take us to other parts of the world. By reading a book about Irian Jaya we may feel we’re really sitting in the jungles not at home in our rooms.

Ladies and gentlement…

From the facts above, it’s obvious that everyone needs to read to get knowledge, information and also entertainment. Or in summary we can say reading is truly important in our life.

I think that’s all and thank you very much for your attention.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Artinya:

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Selamat Siang,

Para juri dan seluruh panitia lomba pidato bahasa Inggris yang saya hormati. Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah yang telah mencurahkan kasih sayang dan rahmat-nya sehingga kita dapat mengikuti kegiatan ini tanpa hambatan apa pun. Kemudian, saya akan memperkenalkan diri terlebih dahulu. Nama saya …. Saya adalah pelajar dari ….

Hadirin sekalian, dalam kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato mengenai “Keutamaan Membaca.”

Menurut pendapat saya, membaca merupakan kegiatan yang sangat penting. Mengapa demikian?

Pertama, dengan membaca kita akan mendapatkan pengetahuan tentang beragam hal di dunia seperti ilmu alam, teknologi, olah raga, seni, budaya, dan lain sebagainya yang tertulis dalam buku, majalah, koran, dan media lainnya. Kedua, dengan membaca kita akan mendapatkan beragam informasi mengenai hal-hal yang terjadi di berbagai belahan dunia yang tidak dapat kita lihat secara langsung.

Alasan lainnya, membaca dapat memberikan hiburan pada kita juga. Saat kita merasa lelah, kita dapat membaca buku-buku, novel, komik, kolom hiburan pada koran atau majalah seperti komedi, cerita pendek, kuis, dan sebagainya. Dengan membaca tersebut kita dapat merasa rileks.

Terakhir, membaca juga dapat membawa kita ke bagian dunia yang lain. Dengan membaca buku tentang Irian Jaya, kita dapat nerasa berada di hutan bukan di ruangan di rumah kita.

Hadirin sekalian…

Dari fakta-fakta tersebut, jelaslah bahwa setiap orang perlu membaca untuk mendapatkan pengetahuan, informasi, dan juga hiburan. Singkatnya, membaca itu benar-benar penting dalam kehidupan kita.

Saya kira cukup sekian dan terima kasih atas perhatian Anda.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Share:

Mangaip

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibu Guru Pasti Meleleh, Ini Puisi Hari Guru Nasional Berbagai Macam Peralatan Kantor Serta Fungsinya