Obat Hati Saat Bersedih

Obat hati saat bersedih. Setiap orang tentu pernah merasakan kesedihan. Namun, kesedihan tidak pantas untuk dipertahankan dan terus menerus dirasakan sebagai kehidupan yang sulit. Untuk itu, setiap orang membutuhkan obat hati untuk bisa mengurangi kesedihannya itu.

Masih banyak orang yang memiliki kehidupan yang lebih sulit dibandingkan kita. Berikut ini adalah beberapa kata mutiara yang bisa digunakan sebagai obat hati saat sedang bersedih karena sesuatu.

  • Hentikan tangisanmu atas kepergian mereka yang meninggalkanmu. Karena mereka begitu bodoh telah melepaskanmu, sedangkan kamu cukup pintar untuk bisa melupakan mereka.
  • Hentikan tangisanmu dan hindarilah membandingkan keberuntungan orang lain dengan keberuntungan yang kamu dapatkan. Biarkan keberuntungan itu datang saat kamu tidak mengharapkannya.
  • Pikirkanlah apa yang akan kamu katakan karena mulutmu harimaumu. Apa yang kamu ucapkan baik, akan keluar sebagai perkara yang baik pula.
  • Cintailah segala sesuatu secara wajar dan tidak berlebihan karena sesuatu yang berlebihan akan membuatmu sengsara.
  • Segala sesuatu yang kamu inginkan belum tentu kamu butuhkan, jadi jangan pentingkan egomu.
  • Lihatlah kekurangan dalam dirimu dan benahilah, hindari melihat kekurangan orang lain dan mencemoohnya, karena segala sesuatu akan berbalik seperti halnya bumerang yang dilemparkan.
  • Hidup tidak akan pernah bebas dari permasalahan apa pun. Namun, hanya satu yang bisa membuatmu tenang dan damai; Tuhan.

Syair Obat Hati

obat hati - opick syair

Mungkin lagu “Obat Hati” yang pernah dinyanyikan oleh Opick bukan lagi sesuatu yang asing di telinga Anda. Namun, lagu tersebut kadang dianggap sebagai lagu religius.

Lagu tersebut berkesan seolah-olah membawa satu agama saja sebagai pedoman hidup. Padahal, isinya bukan hanya itu. Anda bisa menjalani hidup lebih ringan dan memandang sesuatu dengan pandangan yang positif.

Bait-bait dalam lagu tersebut bahkan bisa membuat Anda merasa nyaman dan damai dan sebagai obat hati. Serta bisa melakukan apa yang dinasihatkan dalam lirik lagu tersebut.

Rasa resah dan gelisah akan hilang ketika Anda menilai lagu tersebut sebagai sesuatu yang baik untuk direnungkan. Kemudian dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Jika kita melakukan apa yang terdapat di dalam lirik lagu tersebut, tentulah hati kita akan terasa damai. Kita akan sangat menyadari bahwa hidup manusia bergantung kepada Yang Maha Kuasa.

Manusia hanyalah makhluk yang lemah dan mudah jatuh jika tidak ada yang menyangganya. Dan satu-satunya yang bisa membuat manusia bertahan hanyalah kasih sayang Tuhan yang diberikan melalui kehidupan ini.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengobati hati yang sedang luka karena kesepian, kesedihan, kehilangan, kemarahan, dan beragam hal lain yang membuat perasaan tidak nyaman dan tentram.

  • Baca Al-Quran dan maknanya
  • Shalat malam
  • Berkumpul dengan orang-orang yang sholeh dan sholehah
  • Memperbanyak ibadah puasa
  • Berdzikir sepanjang hari

Obat Hati – Membaca Al-Quran dan Maknanya

obat hati - membaca alquran

Obat hati yang pertama ini merupakan hal yang paling sering luput dari keseharian kita. Saking sibuknya beraktivitas mencari ilmu dan uang, kita seringkali lupa akan keberadaan Tuhan sebagai pemutus sesuatu masalah atau tindakan yang kita ambil.

Membaca Quran saja tidak cukup. Kita juga harus memaknai apa yang tersurat dalam Al-Quran sehingga bisa melakukan hal-hal yang diperintahkan-Nya dan menjauhi segala hal yang dilarang-Nya.

Dengan membaca makna di dalamnya. Kita juga akan senantiasa banyak belajar untuk memahami hakikat kehidupan dan kematian yang telah digariskan-Nya.

Jika dalam satu hari kita bisa memaknai satu ayat saja. Maka kita akan mampu berkomunikasi dengan Allah tanpa harus meminta orang lain sebagai media.

Bukan artinya kita menjadi sombong atau tidak memerlukan orang lain, tapi setidaknya kita bisa mendapat petunjuk langsung dari Allah mengenai hal apa yang perlu dilakukan.

Obat Hati – Mendirikan Shalat Malam

obat hati - shalat malam

Shalat malam dilakukan ketika orang lain sedang asyik bermimpi, sementara kita sibuk bercengkrama dengan Tuhan. Namun, hanya sedikit orang yang melaksanakan shalat malam tanpa merasa terbebani ataupun merasa ngantuk.

Dengan melaksanakan shalat malam, maka udara yang dihirup adalah udara yang segar yang baru diproses oleh tumbuhan melalui proses fotosintesis. Anda bisa mendapatkan hal tersebut sebagai bagian dari ibadah sekaligus manfaat bagi kesehatan Anda juga.

Dengan shalat malam, maka Anda bisa merasakan segala sesuatu yang dihidupkan oleh Allah melalui alam dan lingkungan sekitar kita. Dengan begitu, kita pun akan sadar bahwa kita hanyalah makhluk kecil yang tidak mampu berbuat apa pun selain memuja dan beribadah kepada-Nya sehingga sholat malam bisa menjadi salah satu obat hati ketika sedang bersedih.

Obat Hati – Berkumpul dengan Orang Sholeh dan Sholehah

Berkumpul dengan orang-orang yang baik akan membawa kita menjadi baik pula dan bisa menjadi obat hati yang sedang luka. Sedangkan berkumpul dengan orang-orang jahat akan membuat kita menjadi serupa dengan teman-teman kita.

Oleh sebab itu, jika kita ingin menjadi orang baik. Maka kita harus berkumpul dengan orang-orang yang memberikan suri tauladan yang baik di dalam lingkungan kehidupan.

Kita juga bisa mengkaji diri, mengintrospeksi, bahkan memberikan saran dan kritik satu sama lain untuk mendapatkan kedamaian dan kebaikan diri kita. Kita juga bisa meningkatkan kepribadian kita agar menjadi lebih berkualitas.

Dengan orang-orang sholeh dan sholehah, kita akan termotivasi untuk terus mengenal Allah lebih dekat. Sampai akhirnya kita mampu berkomunikasi secara langsung dengan-Nya tanpa memerlukan perantara.

Silaturahmi yang baik juga akan mendatangkan rezeki yang sebelumnya tidak pernah kita duga. Namun, jangan sampai Anda berpikir bahwa jika Anda berkumpul dengan orang-orang sholeh maka Anda akan mendapatkan harta yang banyak.

Berkumpullah untuk memberikan kasih sayang, penghormatan, dan penghargaan satu sama lain. Bukan untuk mendapatkan pamrih dari orang lain.

Obat Hati – Memperbanyak Ibadah Puasa

obat hati - memperbanyak ibadah puasa

Dengan melakukan ibadah puasa, Anda berarti telah melakukan salah satu rukun Islam. Sehingga Anda juga melakukan apa yang diperintahkan oleh Allah di dalam Al-Quran.

Namun, hakikat dari ibadah puasa tersebut tentu bukan hanya menahan lapar dan haus, melainkan untuk senantiasa bersyukur kepada Allah mengenai rezeki yang selama ini kita dapatkan.

Dengan berpuasa pula kita bisa mengetahui bagaimana rasanya menjadi golongan fakir miskin. Mereka yang sulit untuk mendapatkan makanan dan minuman meskipun tidak dalam keadaan berpuasa.

Hal tersebut akan memotivasi diri kita. Yaitu, untuk lebih menghargai orang lain yang tidak memiliki banyak harta ataupun tidak memiliki kesehatan yang baik. Namun, mereka tetap bisa melakukan berbagai aktivitas sepeti yang biasa kita lakukan.

Obat Hati – Melakukan Dzikir Sepanjang Hari

obat hati - memperbanyak dzikir

Berdzikir yang dimaksud di sini bukan hanya mengucapkan lafadz Allah sebanyak-banyaknya. Namun, senantiasa merasakan kehadiran-Nya dalam berbagai kesempatan.

Sehingga saat terdapat kegiatan yang negatif, Anda bisa langsung menangkisnya karena Anda mengingat-Nya, melebihi apa pun yang ada di hadapan mata Anda.

Berdzikir juga bisa membuat kita melupakan berbagai keresahan. Karena yang kita ingat hanyalah kasih sayang Tuhan. Bukan kesedihan yang diberikan oleh manusia yang juga sama-sama memiliki kelemahan.

Dengan demikian, melakukan 5 tindakan di atas sama halnya dengan menjadikan hati merasakan kenikmatan yang tidak terhingga dari Allah. Marilah kita mulai dari diri kita sendiri, sejak dini, dan mulailah dari beragam hal yang sebelumnya kita anggap remeh.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.