Asal Tahu 4 Hal Ini, Kamu Bisa Sukses Berbisnis Fashion!

Mau sukses berbisnis fashion? Praktikkan tips berikut ini. Fashion atau mode merupakan gaya terkini yang sedang tren, baik itu pakaian, aksesoris, sepatu atau apa pun yang disandang oleh tubuh yang sifatnya untuk bergaya.

Bisnis fashion sendiri identik dengan bisnis pakaian dan beberapa kelengkapannya. Nah, kini sudah banyak orang yang terjun ke bisnis fashion, baik sebagai perancang, maupun sebagai penjual. Kategori penjual pun beragam, ada yang memiliki toko fisik, ada juga yang berjualan online sebagai reseller, baik itu dengan strategi menyimpan stok atau pun dengan sistem drop ship.

Agar tak hanya terkesan ikut-ikutan berbisnis fashion, berikut ini adalah beberapa kiat sukses bisnis fashion yang harus kamu tahu.

Mengikuti Tren Fashion – Sukses Berbisnis Fashion

Jika kamu memberlakukan sistem penjualan dengan stok atau membeli dan menyimpan barang terlebih dahulu, maka harus jeli dalam mengikuti tren fashion. Pilih stok yang tren dan kemungkinan larisnya tinggi, sehingga tidak menumpuk lama dan akhirnya ketinggalan jaman lalu tidak laku. Begitu pula bagi penjual dengan sistem dropship, bila ingin laris, pajanglah foto-foto produk terkini yang sedang ngetren. Rajinlah mengupdate barang dagangan kamu, sehingga tak terkesan tak niat jualan.

Melayani Pelanggan dengan Baik dan Memberikan Berbagai Penawaran Menarik

Usahakan agar pelanggan dapat terlayani dengan baik dan senang bertransaksi di toko kamu. Kamu bisa melakukannya dengan memberikan layanan terbaik. Cepat merespon ketika ditanya, segera mengirimkan barang dengan tepat, cekatan menangani keluhan jika ada dan sering-sering memberikan promosi, baik dalam bentuk diskon atau bonus. Misalnya bonus satu produk jika membeli sebanyak satu lusin, atau memberi gimmick menarik untuk setiap pembelian, tak perlu mahal karena biasanya pelanggan senang menerima tambahan barang yang tidak perlu dia bayar. Bisa juga memberikan kupon diskon untuk pembelian berikutnya.

Memilih dan Menggandeng Mitra Bisnis

Jika kamu tidak memproduksi pakaian sendiri, maka tentunya kamu harus bekerjasama dengan distributor pakaian atau perusahaan konveksi langsung dalam memasok barang dagangan kamu. Selain itu bisa jadi kamu pun membutuhkan rekan untuk mengelola dan mengembangkan bisnis bersama, atau investor untuk menanamkan modal pada bisnis kamu. Dengan adanya kerjasama khusus dengan rekanan atau mitra bisnis besar, maka kamu bisa mendapatkan barang dengan harga lebih murah sehingga dapat memperoleh margin lebih besar.

Strategi Marketing

Baik toko dalam bentuk fisik maupun online membutuhkan pelanggan yang berkunjung untuk membeli. Pada toko fisik, kamu bisa menyebarkan pamflet atau iklan di jejaring sosial agar banyak yang tertarik mengunjungi toko tersebut. Kamu bisa juga ikut serta dalam bazar-bazar yang diselenggarakan di mal atau perkantoran. Jangan lupa desain juga toko kamu semenarik mungkin baik di luar maupun di dalam agar orang tergerak untuk masuk. Begitu pula dengan toko online, kamu bisa memanfaatkan jejaring sosial untuk menarik orang berkunjung ke website toko online kamu.

Untuk terus menjaga konsistensi pengunjung untuk datang membeli, gunakan berbagai channel marketing yang ada. Bagi yang ingin promosi gratis bisa memanfaatkan jejaring sosial seperti instagram dan Facebook, atau microblogging seperti Twitter dan Plurk. Selain itu manfaatkan juga blog untuk membuat artikel yang mengulas produk-produk fashion yang kamu jual.

Jangan lupa untuk memperluas sarana transaksi, tak hanya melalui portal toko online, tetapi juga melalui instant messenger seperti Whatsapp dan Telegam. Serunya berjualan online adalah bisa merangkul jangkauan pembeli yang lebih luas, bisa dalam skala nasional atau bahkan internasional.

So, selamat mempraktikkan tips sukses bisnis fashion ini ya. Selamat berbisnis, ya!

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibu Guru Pasti Meleleh, Ini Puisi Hari Guru Nasional Berbagai Macam Peralatan Kantor Serta Fungsinya